Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Biomassa Jadi Andalan Energi Masa Depan

Kamis, 31 Agustus 2023 11:16 WIB
Ilustrasi pemanfaatan biomassa menjadi energi listrik. (Fot0 : biomassmagazine)
Ilustrasi pemanfaatan biomassa menjadi energi listrik. (Fot0 : biomassmagazine)

RM.id  Rakyat Merdeka - Energi biomassa adalah sumber energi terbarukan yang berasal dari bahan organik yang dapat diperbarui, seperti tanaman, hewan serta limbah. Biomassa dapat dikonversi menjadi berbagai macam produk, termasuk listrik, panas dan bahan bakar.

Pada event bertajuk "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan digelar di grand ballroom Hotel Pullman Jakarta pada 13-14 November 2023, energi biomassa akan dibahasa secara tuntas.

Menurut Lina, ketua panitia acara tersebut, energi biomassa telah digunakan selama berabad-abad untuk menghasilkan panas dan cahaya. Namun, baru-baru ini, energi biomassa telah menjadi semakin populer sebagai sumber energi alternatif untuk bahan bakar fosil.

Baca juga : Malam Ini Persis Vs PSM, Waspada Bola Kedua

Hal ini karena energi biomassa memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar fosil, misalnya energi biomassa menjadi sumber energi terbarukan, yang berarti dapat diperbarui tanpa habis. Energi biomassa juga tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim.

Pada tahun 2019, menurut Lina yang juga dari PT Shan Hai Map, energi biomassa menyumbang sekitar 10% dari produksi listrik global. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat dimasa depan, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan sumber energi terbarukan.

Ada banyak cara untuk menggunakan energi biomassa. Salah satu cara yang paling umum adalah untuk membakar biomassa untuk menghasilkan panas atau listrik.

Baca juga : Dinda Kirana, Nikah Tunggu Mapan

"Biomassa juga dapat dikonversi menjadi bahan bakar cair, seperti biodiesel dan bioetanol. Bahan bakar cair ini dapat digunakan untuk transportasi, mesin industri dan mesin pertanian," jelas Lina.

Energi biomassa dijelaskan Lina menjadi sumber energi yang bersih, terbarukan dan efisien. Energi biomassa dapat membantu mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan. Energi biomassa adalah bagian penting dari masa depan energi dunia.

Beberapa contoh penggunaan energi biomassa adalah pembangkit listrik, pemanas, bahan bakar biodiesel, mesin pertanian berbahan bakar bioethanol, pupuk organic, dan kompos. Energi ini memanfaatkan sisa-sisa organik, seperti limbah pertanian, kayu dan limbah makanan. Selain manfaat lingkungan, pengembangan energi biomassa juga berpotensi mendukung perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan industri.

Baca juga : BCA Komit Terapkan Sektor Energi Lewat Wisma Foresta

Menurut Lina, PT Shan Hai Map mendorong energi terbarukan maka dapat menjaga lingkungan hijau disuatu negara, kestabilan suhu bumi sehingga mencegah terjadinya perubahan iklim melalui event bertemakan "Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023" yang akan diadakan pada tanggal 26-27 Oktober di Grand Ballroom Hotel Pullman Jakarta Barat.

Pada event ini, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran “Energi Terbarukan” di kehidupan manusia di kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan. 

"Jika tertarik dan merupakan salah satu pelaku bisnis yang berkaitan dengan bidang energi terbarukan, anda dapat mendaftarkan diri melalui inhttps://forms.gle/CdNueFyrUJ7GrW5S7 [email protected]," tutup Lina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.