Dark/Light Mode

Di Bursa Cawapres, Erick Thohir Tetap Yang Terkuat

Selasa, 19 September 2023 20:08 WIB
Erick Thohir diajak selfie warga di GOR Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)
Erick Thohir diajak selfie warga di GOR Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Erick Thohir semakin berkibar di bursa cawapres 2024. Erick tetap yang terkuat.

Dalam berbagai survei skala nasional, Menteri BUMN dan Ketua Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu selalu menempati peringkat teratas cawapres 2024.

Pada simulasi tujuh nama cawapres dalam survei "Peta Politik Jawa Timur Pasca-Deklarasi AMIN" yang dipublikasikan Politika Research & Consulting, Minggu (17/9/2023), Erick unggul dengan angka elektabilitas 16,8 persen. Mengungguli Ridwan Kamil (16,4 persen), Muhaimin Iskandar (15,4 persen), Sandiaga Uno (12,6 persen), Gibran Rakabuming Raka (10,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (10 persen), dan Airlangga Hartarto (1,2 persen).

"Nama Erick Thohir dan Ridwan Kamil menarik, karena unggul dalam margin of error dengan Muhaimin Iskandar," kata Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo secara virtual, Minggu (17/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Rio juga menyoroti kemunculan Muhaimin di peringkat tiga. Menurutnya, perolehan elektabilitas Muhaimin dalam survei ini tidak ditentukan oleh variabel personalnya.

Baca juga : Capres-Cawapres Bicara Rempang

"Ini lebih karena PKB-nya, Jawa Timur-nya, dan yang pasti Nahdlatul Ulama-nya. Sebab, di tingkat nasional, elektabilitas Muhaimin hanya berkisar 4-5 persen. Di Jawa Timur pun, Muhaimin bukan termasuk yang paling unggul di antara nama-nama Cawapres lainnya,” papar Rio.

Favorit Anak Muda

Istimewanya, Erick juga difavoritkan di kalangan anak muda: milenial dan gen Z, yang mendominasi pemilih di Pemilu 2024 dengan angka 56,45 persen atau total 113 juta pemilih.

Hal ini terbukti melalui survei Indikator Politik Indonesia bertema "Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda", yang dijalankan pada 20-24 Juni 2023.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, sebanyak 26,5 persen pemilih Erick Thohir berasal dari Generasi Z yang berusia kurang dari 26 tahun. Dari generasi milenial dengan rentang usia 27-42 tahun, Erick mendapat kontribusi suara sebesar 20,7 persen.

Sementara Ridwan Kamil unggul di Generasi X usia 43-58 tahun, dan AHY unggul di Generasi Baby Boomers usia 59-79 tahun.

Baca juga : Soal Cawapres, Golkar Masih Jagokan Airlangga

Dalam simulasi 22 nama, Erick unggul dengan angka 18,5 persen. Membawahi Ridwan Kamil (16,9 persen), Sandiaga Uno (11,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (11,4 persen).

Perolehan yang tak jauh beda, juga dijumpai di simulasi 17 nama. Erick teratas dengan angka 19 persen. Disusul Ridwan Kamil (16,7 persen), Sandiaga Uno (14 persen), dan AHY (11,6 persen).

Di simulasi 5 nama pun begitu. Erick kokoh di puncak dengan angka 22,9 persen. Dibayangi Ridwan Kamil (20,1 persen), Sandiaga Uno (17,5 persen), dan AHY (12,5 persen).

"Meskipun hasilnya tidak signifikan dengan Ridwan Kamil di peringkat kedua, tapi signifikan dibandingkan elektabilitas Sandi di peringkat ketiga maupun AHY," kata Burhanuddin di Jakarta, Minggu (23/7).

Joss Dengan Siapa Saja

Tak cuma berjaya di kalangan milenial, Erick ternyata juga menjadi cawapres yang mampu mengerek elektabilitas, bila dijodohkan dengan capres mana pun.

Baca juga : Erick: Jodoh Pasti Bertemu

Setidaknya, ini tercatat dalam Survei Polling Institute soal peta persaingan calon presiden dan calon wakil presiden, yang dijalankan pada 21-25 Agustus 2023.

Dalam hasil simulasi 19 nama dan 5 nama cawapres 2024, Erick menjadi cawapres terkuat dengan raihan 15,1 persen dan 24,5 persen.

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim memaparkan, posisi Erick sebagai cawapres juga membawa kemenangan kepada capresnya.

Dalam simulasi 3 pasangan, capres yang berpasangan dengan Erick menempati posisi teratas.

Simulasi pertama, pasangan Prabowo Subianto-Erick sukses mendulang angka 34,7 persen. Mengungguli Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 18,5 persen dan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil dengan 34,2 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.