Dark/Light Mode

Profil Rahmat Erwin Abdullah, Lifter Yang Cetak Rekor Dunia di Asian Games 2022

Rabu, 4 Oktober 2023 17:01 WIB
Lifter asal Makassar Rahmat Erwin Abdullah yang berhasil meraih medali emas di Asian Games 2022, Selasa (3/10). (Foto: Instagram/timindonesiaafficial)
Lifter asal Makassar Rahmat Erwin Abdullah yang berhasil meraih medali emas di Asian Games 2022, Selasa (3/10). (Foto: Instagram/timindonesiaafficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah viral, setelah berhasil meraih medali emas Asian Games 2022 cabang angkat besi kelas 73 kg putra pada Selasa (3/10).

Medali emas yang diraihnya ini adalah yang kelima bagi Indonesia di ajang Asian Games 2022.

Selain membawa pulang medali emas, Rahmat Erwin juga mencetak rekor dunia dengan total beban angkatan 359 kg di XSC Gymnasium, Hangzhou, Tiongkok. 

Ia juga menjadi satu-satunya peserta yang tidak pernah gagal dalam angkatan snatch maupun clean and jerk di ajang tersebut.

Sesaat setelah mencetak rekor mencengangkan itu, ayahnya yakni Erwin Abdullah yang juga merupakan pelatih Rahmat, langsung berpose berdua dengan saling memamerkan otot mereka di arena angkat besi itu.

"Alhamdulillah, 2002 to 2023 Asian Games pose berdua diatas panggung terwujud berkat Campur Tangan Tuhan, yeahhh mancapss..," tulis Erwin, Instagramnya @erwinabdullah74.

Profil Rahmat Erwin Abdullah: Atlet Angkat Besi Berprestasi Dari Makassar

Rahmat Erwin Abdullah, seorang atlet angkat besi berbakat, lahir pada tanggal 13 Oktober 2000 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan usianya yang saat ini mencapai 22 tahun, Rahmat Erwin telah menorehkan sejumlah prestasi yang mengesankan dalam dunia olahraga angkat besi.

Baca juga : Hore, Lifter Rahmat Sumbang Emas Di Asian Games

Salah satu pencapaian gemilangnya adalah meraih medali Perunggu dalam cabang angkat besi pada Olimpiade Tokyo 2020. Namun, prestasinya tak berhenti di sana. Rahmat Erwin juga berhasil mempertahankan gelarnya sebagai Juara Dunia pada tahun 2021 dan 2022 untuk kelas 73 kg putra.

Tak hanya itu, Rahmat Erwin Abdullah juga tampil sebagai pemegang rekor dunia dalam kategori Clean and Jerk untuk kelas 73 kg dan 81 kg putra. Prestasi ini menjadi lebih mengesankan karena rekor tersebut berhasil dia pecahkan sendiri, mengukir namanya dalam sejarah angkat besi dunia.

Perjalanan Karier Rahmat Erwin Abdullah

Perjalanan karier Rahmat Erwin Abdullah dalam dunia angkat besi dimulai sejak masa kecilnya. Sejak duduk di kelas 1 Sekolah Dasar (SD), dia sudah mulai berlatih angkat besi di bawah bimbingan ayahnya.

Ketika memasuki jenjang pendidikan SMP, Rahmat Erwin Abdullah menjadi langganan dalam ajang-ajang nasional seperti POPNAS dan sering meraih podium juara. 

Pengalaman internasionalnya dimulai pada tahun 2017 ketika dia menjadi wakil Indonesia di IWF Youth World Championship di Tokyo.

Selanjutnya, Rahmat Erwin turut serta dalam kompetisi angkat besi di Asian Games 2018 dan Kejuaraan Dunia IWF 2018 di Thailand. 

Prestasi cemerlang pertamanya adalah meraih medali emas di kelas 73 kg angkatan snatch pada Asian Junior Championship 2019 di Pyongyang. Selain itu, dia juga meraih medali emas dalam ajang SEA Games Manila, Filipina.

Biodata Singkat Rahmat Erwin Abdullah

Baca juga : Dihajar Wakil Taiwan, Jojo Gagal Ulangi Prestasi Asian Games Jakarta

- Nama: Rahmat Erwin Abdullah

- Tempat, Tanggal Lahir: Makassar, 13 Oktober 2000

- Usia: 22 tahun

- Agama: Islam

- Pendidikan: SMA Nasional Makassar

- Profesi: Atlet Angkat Besi

- Rekor Dunia: Clean and Jerk 73 kg dan 81 kg putra

Baca juga : Cepat Move On, Ginting Lewati Rintangan Pertama Asian Games

- Orangtua: Erwin Abdullah (ayah) dan Ami Asun Budiono (ibu)

- Instagram: @rahmaterwin_

Warisi Prestasi Orang Tua Di DuniaAngkat Besi

Rahmat Erwin Abdullah adalah bukti hidup dari warisan keluarganya dalam dunia angkat besi. 

Ayahnya, Erwin Abdullah, juga adalah seorang mantan atlet angkat besi Indonesia yang meraih prestasi cemerlang. Erwin Abdullah pernah berpartisipasi dalam sejumlah kompetisi bergengsi seperti Kejuaraan Asia Angkat Besi di Busan, Korea Selatan pada tahun 1995, di mana ia berhasil meraih medali perak. 

Tidak hanya itu, ia juga tampil di Kejuaraan Dunia IWF di Istanbul, Turki pada tahun 1994 dan berhasil meraih medali perunggu.

Sementara itu, ibu Rahmat Erwin, Ami Asun Budiono, adalah peraih medali emas dalam angkat besi pada Pesta Olahraga Asia Tenggara di Chiang Mai, Thailand pada tahun 1995 dan Jakarta, Indonesia pada tahun 1997.

Akan tetapi, semua prestasi Rahmat Erwin tak terlepas dari dedikasi, kerja keras, dan bakat alaminya. Usahanya membawa harum nama Indonesia dalam dunia angkat besi patut diacungkan jempol!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.