Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Eropa 2024

Yunani Vs Belanda, De Oranje Masih Punya Asa

Minggu, 15 Oktober 2023 11:40 WIB
Para pemain timnas Belanda. (Foto : ist)
Para pemain timnas Belanda. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Yunani akan menjamu Belanda pada pertandingan matchday 8 Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2024, di Stadium OPAP Arena, Yunani, Selasa (17/10), pukul 01. 45 WIB.

Tuan rumah yang dijuluki Piratiko alias Kapal Bajak Laut, datang ke pertandingan krusial ini setelah kemenangan meyakinkan melawan Irlandia. Sedangkan Timnas Belanda alias De Oranje kalah dihajar Prancis 1-2.

De Oranje asuhan Ronald Koeman tetap memiliki asa bahwa timnya bisa lolos ke Final Piala Eropa 2024 dengan mengalahkan Yunani.

Namun, Belanda mendapat ancaman serius bila kalah lagi di pertandingan ini. Harapan untuk lolos kian menipis. Sebab, duel melawan Yunani menjadi penentuan bagi kedua tim.

Belanda meyakini masih ada asa dengan catatan harus mengalahkan Yunani. Langkah Belanda tersendat. Gara-garanya, Belanda kalah 2-1 saat menjamu Perancis. 

Kekalahan itu menjadikan Belanda turun peringkat di klasemen sementara. Posisi mereka diambil alih Yunani yang sukses menghajar Irlandia 2-0.

Kekalahan ini juga mengantarkan Perancis meraih tiket ke Jerman untuk berlaga di putaran final Euro 2024.

Kemenangan itu menjadikan Les Bleus mendapatkan poin 18. Meski menyisakan dua pertandingan lagi, namun Prancis sudah memastikan lolos.

Baca juga : Norwegia Vs Spanyol, Ujian Bomber Erling Haaland

Ini menjadikan tersisa satu tiket lagi di Grup B. Belanda masih memiliki asa untuk berangkat ke Jerman. 

Namun Yunani juga berpeluang cukup besar untuk kembali tampil di Piala Eropa. Apalagi, mereka punya modal bagus. Kemenangan atas Irlandia telah mengangkat kepercayaan diri pemain Yunani saat menjamu Belanda.

Persoalannya, Belanda pun tak punya pilihan kecuali harus memenangkan laga tandang itu. Demi memenuhi target itu, pelatih Ronald Koeman melakukan perubahan di sektor depan dengan mengistirahatkan striker Wout Weghorst.

Mantan pemain pinjaman Manchester United ini mengalami cedera di laga melawan Perancis sehingga ditarik keluar dan digantikan Donyell Malen.

Bila kondisinya belum pulih, Weghorst terpaksa menepi dan absen di laga krusial ini. Sebaliknya Malen yang bermain cemerlang bakal menjadi starter.

Namun, Ronald Koeman akan menempatkan Malen di sayap bersama Xavi Simons. Mereka menopang striker Ajax Amsterdam Steven Bergwijn yang menjadi ujung tombak.

Di posisi tengah, Tijjani Reijnders dan Joey Veerman tetap menjadi pilihan pertama. Demikian pula Virgil van Dijk akan bahu-membahu dengan Nathan Ake. Mereka membentengi kiper Bart Verbruggen yang berdiri di bawah mistar.

Yunani berada di atas angin saat melakoni pertandingan di kandang sendiri. Bila menang melawan Belanda, peluang mereka untuk lolos ke putaran final kian terbuka.

Baca juga : Portugal Menang, CR7 Happy

Juara Eropa 2004 ini terakhir kali tampil di Euro 2012 dengan prestasi yang tidak terlalu jelek, yaitu mencapai perempat final. Pelatih Gustavo Poyet berharap bisa membawa Yunani lolos ke Jerman setelah cukup lama absen.

Perjalanan Poyet bersama Yunani memang tak mudah. Apalagi mereka kembali bertemu Belanda. Meski sedikit diunggulkan, namun Poyet tak bisa meremehkan lawan karena pada duel pertama di Belanda, mereka dihabisi 3-0.

Ini yang menjadikan Poyet waspada. Dirinya kemungkinan tidak mengubah starting line-up saat mengalahkan Irlandia 2-0.

Striker Giorgos Giakoumakis yang membuka kemenangan Yunani kembali menjadi starter bersama Georgios Masouras untuk menopang centre forward Dimitrios Pelkas.

Sektor belakang juga tak berubah. Bek veteran Giorgos Tzavellas masih absen karena cedera panjang. Dengan demikian, duet Dinos Mavropanos dan Panos Retsos dipertahankan Poyet. Mereka membentengi kiper Odysseas Vlachodimos.

Yunani memang diprediksi meraih kemenangan di kandang. Bahkan bila unggul sampai empat gol tanpa balas, Yunani bakal meraih tiket ke putaran final.

Namun itu memang tak semudah membalikkan tangan. Pasalnya Belanda tak ingin membuang kesempatan untuk meraih tiga poin setelah menelan kekecewaan karena kalah di kandang sendiri.

Duel ini menjadi pertandingan yang sangat krusial bagi kedua tim. Terlebih, Yunani menempel ketat Belanda di Grup B.

Baca juga : Bantai Malta 4-0, Selangkah Lagi Italia Lolos

Ini akan menjadi ujian berat bagi De Oranje, sekalian menjadi ujian bagi Ronald Koeman selaku pelatih. 

Pria yang semasa bermain pernah memperkuat Barcelona itu harus meramu strategi yang jitu untuk meraih poin dalam laga nanti.

Ronald Koeman menilai laga melawan Yunani lebih krusial dibanding Prancis. Mengamankan peringkat kedua menjadi target realistis bagi Belanda untuk mengantongi tiket lolos ke Final Piala Eropa 2024.

“Pertandingan melawan Yunani lebih krusial, meskipun poin melawan Prancis memudahkan setelahnya,” ujar Ronald Koeman.

Prediksi Susunan Pemain 

Timnas Yunani (4-3-3) : Odysseas Vlachodimos; Lazaros Rota, Panagiotis Retsos, Pantelis Hatszidiakos, Kostas Tsimikas; Tasos Bakasetas, Manolis Siopis, Dimitris Kourbelis; Giorgios Masouras, Vangelis Pavlidis, Petros Mantalos.
Pelatih: Gustavo Poyet.

Timnas Belanda (3-4-3) : Mark Flekken; Lutsharel Geertruida, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Xavi Simons, Wout Weghorst, Cody Gakpo.
Pelatih: Ronald Koeman.

5 Pertemuan Terakhir 
02/09/16 Belanda 1-2 Yunani (Friendly)
28/04/04 Belanda 4-0 Yunani (Friendly)
04/12/91 Yunani 0-2 Belanda (Kualifikasi Euro)
22/11/90 Belanda 2-0 Yunani (Kualifikasi Euro)
16/12/87 Yunani 0-3 Belanda (Kualifikasi Euro).
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.