Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Eropa 2024

Matador Tunda Pesta Pora Skotlandia

Jumat, 13 Oktober 2023 07:47 WIB
Duel Spanyol vs Skotlandia, Jumat (13/10) dini hari WIB. (Foto : AP)
Duel Spanyol vs Skotlandia, Jumat (13/10) dini hari WIB. (Foto : AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Spanyol menundukkan timnas Skotlandia pada matchday ketujuh Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Berlangsung di Estadio Olimpico de Sevilla, Jumat (13/10/2023) dini hari WIB itu, skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah La Furia Roja.

Gol Tim Matador dicetak oleh Alvaro Morata pada menit ke-73 dan Oihan Sancet pada menit ke-86. 

Hasil ini menunda kelolosan timnas Skotlandia,  yang alias The Tartan Army alias Tentara Tartan, sekaligus menorehkan kekalahan pertama di Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Spanyol kini membuntuti Skotlandia di peringkat ke-2 dengan 12 poin dari lima laga. Skotlandia tetap berada di puncak dengan torehan 15 poin dari enam laga.

Baca juga : Erling Haaland Menggila, Norwegia Hajar Siprus 4-0

Alvaro Morata menjadi penampil terbaik pada laga Spanyol vs Skotlandia ini. Morata mencetak gol pembuka saat Spanyol mengalahkan Skotlandia. 

Gol yang dicetak Morata itu tercipta di menit ke-73 lewat sundulan. Morata juga sempat mencetak gol sundulan lebih awal di menit ke-38, tetapi dianulir gara-gara offside.

Kemenangan ini membuat pelatih Timnas Spanyol, Luis de la Fuente puas karena strategi berjalan dengan baik. Terutama pergantian pemain membuat Spanyol lebih tajam dan akhirnya bisa menundukkan Skotlandia.

Bahkan dua gol Spanyol ada berkat andil dua pemain pengganti. Gol pertama karena crossing Jesus Navas yang menggantikan Dani Carvajal pada menit ke-67, lalu kombinasi Sancet dan Joselu yang masuk ketika laga kurang dari 30 menit melahirkan gol kedua.

“Pertama-tama terima kasih banyak atas dukungan fans serta kota Sevilla yang luar biasa,” tutur Luis De La Fuente di situs resmi UEFA.

Baca juga : Luar Biasa, Skuad Garuda Bantai Brunei Darussalam 6-0

“Kami bekerja intens sekali sepanjang babak pertama, tapi kami melakukan pergantian pemain untuk memanfaatkan celah yang kami ciptakan. Hasilnya pun menguntungkan kami - tidak hanya dari gol serta assist para pemain pengganti, tapi juga seluruh tim,” lanjutnya.

“Skotlandia berbahaya dalam bola mati, khususnya lemparan ke dalam. Mereka bisa menciptakan banyak peluang. Tapi kami sudah mempelajari mereka, kami lakukan persiapan, dan kami tahu kami hanya perlu terus menekan lawan ketika gol tak kunjung datang,” ujar Luis De La Fuente.

Susunan Pemain Timnas 

Timnas Spanyol (4-3-3) : Unai Simon; Dani Carvajal, Robin Le Normand, Aymeric Laporte, Alejandro Balde; Mikel Merino, Rodri, Gavi; Mikel Oyarzabal, Alvaro Morata, Ferran Torres.
Pelatih: Luis de la Fuente.

Timnas Skotlandia (3-4-2-1) : Angus Gunn; Ryan Porteous, Jack Hendry, Scott McKenna; Aaron Hickey, Ryan Christie, Callum McGregor, Andy Robertson; John McGinn, Scott McTominay; Lyndon Dykes.
Pelatih: Steve Clarke.

Baca juga : Portugal Vs Slovakia, CR7 Siap Berburu Gelar Lagi

Hasil Pertandingan Matchday 7 Kualifikasi Euro 2024 pada Kamis (12/10/2023) 

Latvia 2-0 Armenia (Janis Ikaunieks 39’, Daniels Balodis 58’)
Spanyol 2-0 Skotlandia (Alvaro Morata 73’, Oihan Sancet 86’)
Andorra 0-3 Kosovo (Milot Rashica 26’ 71’, Altin Zeqiri 83’)
Belarusia 0-0 Romania
Albania 3-0 Republik Ceska (Jasir Asani 9’, Taulant Seferi 51’ 73’)
Kepulauan Faroe 0-2 Polandia (Sebastian Szymanski 4’, Adam Buksa 65’)
Siprus 0-4 Norwegia (Alexander Sorloth 33’, Erling Haaland 65’ 72’, Fredrik Aursnes 81’)
Kroasia 0-1 Turki (Baris Yilmaz 30’).


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.