Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia

Messi Turun, Argentina Menang Tipis Lawan Paraguay

Jumat, 13 Oktober 2023 11:10 WIB
Lionel Messi. (Foto : Ist)
Lionel Messi. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhirnya, superstar Lionel Messi turun lapangan pada duel Timnas Argentina vs Paraguay, matchday ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Latin atau Conmebol di Estadio Mas Monumental, Buenos Aires, Argentina, Jumat (13/10/2023) pagi WIB.

Pasukan Lionel Scaloni itu menang dengan skor 1-0. 

Argentina melanjutkan aksi sempurnanya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan kemengan tiga laga berntun. Argentina berada di puncak klasemen dengan sembilan poin dari tiga laga.

La Pulga, julukan Messi, ikut bermain meski baru dimainkan di babak kedua, tepatnya pada menit ke-53. Dia menggantikan Julian Alvarez. Ini merupakan laga kedua Lionel Messi setelah istirahat cukup panjang akibat cedera.

Messi cedera saat membela Timnas Argentina melawan Ekuador pada 8 September 2023. Akibatnya, kapten Timnas Argentina itu absen melawan Bolivia pada 13 September lalu.

Ia juga absen total dalam lima pertandingan di level klub bersama Inter Miami. Pascacedera, juara Piala Dunia 2022 tersebut, kembali membela The Herons saat menghadapi FC Cincinnati, 8 Oktober 2023.

Keputusan pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni, untuk memberikan Messi istirahat sebelum memasukkannya di babak kedua adalah taktik yang mungkin akan diterapkan di pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Baca juga : Brazil Ditahan Venezuela: Unggulan Tak Selalu Hoki

Dengan pemain-pemain muda yang semakin matang dan bermain dengan percaya diri, Argentina memiliki masa depan yang cerah di kancah sepak bola internasional.

Meskipun demikian, kehadiran Messi tetap menjadi aset berharga bagi timnas Argentina, dan ia akan terus menjadi pilar utama dalam perjalanan mereka menuju Piala Dunia 2026.

Sebelumnya, Lionel Scaloni menyampaikan, Lionel Messi masih diragukan bisa membela Albiceleste saat menghadapi Paraguay ini.

“Sekali sesi latihan lagi penting untuk Lionel Messi. Saya berbicara dengannya apakah dia akan bermain,” tutur Lionel Scaloni, dalam konferensi menjelang pertandingan, mengutip ESPN.

Laga ini merupakan pertandingan ketiga Lionel Messi Cs untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan.

Sebelumnya, Albiceleste menang 1-0 atas Ekuador dan 3-0 atas Bolivia. Setelah mencetak gol tunggulan dalam laga kontra Ekuador, Lionel Messi hanya menjadi penonton saat timnya pesta gol ke gawang Bolivia.

“Kami masih memiliki pertandingan melawan Peru. Tidak mudah untuk memastikan Lionel Messi bisa bermain,” terang pelatih yang membawa Argentina juara Piala Dunia 2022 tersebut.

Baca juga : Matador Tunda Pesta Pora Skotlandia

“Lionel Messi bisa bermain 80 menit lawan Paraguay dan tidak tampil lawan Peru atau ia bisa bermain dalam dua pertandingan itu. Yang terpenting, Lionel Messi merasa nyaman,” ucap Scaloni.

Mantan mega bintang Barcelona itu akan melakoni laga terakhir bersama Inter Miami di Major League Soccer (MLS) musim ini pada 22 Oktober mendatang, melawan Charlotte.

The Herons mengakhiri musim lebih cepat lantaran terlempar dari persaingan menuju zona play off.

Pada November nanti, Lionel Messi bersama Timnas Argentina dijadwalkan menghadapi Uruguay dan Brazil di lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Untuk lini depan melawan Peru, Lionel Scaloni memiliki Angel Di Maria, Angel Correa, and Paulo Dybala. Trio ini fit dan bebas dari cedera.

“Baginya, satu sesi latihan lagi penting dan saya akan berbicara dengannya untuk memutuskan apakah dia akan bermain atau tidak, namun saya harus berbicara dengannya terlebih dahulu dan yang terpenting, saya harus yakin bahwa dia bisa menjadi starter,” ujar Scaloni pada wartawan dilansir dari Reuters.

Sementara khawatir dengan keadaan Messi, Scaloni mengaku senang dengan pengumuman pekan lalu bahwa juara dunia Argentina akan menjadi tuan rumah salah satu pertandingan pembuka Piala Dunia 2030.

Baca juga : Erling Haaland Menggila, Norwegia Hajar Siprus 4-0

Selanjutnya, Argentina akan menyambangi Peru, pada 18 Oktober 2023, kick off pukul 09.00 WIB.

Susunan Pemain Timnas

Timnas Argentina (4-3-3) : Emiliano Martinez; Nahuel Molina, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nicolas Tagliafico; Alexis Mac Allister, Enzo Fernandez (80’ Paredes), Rodrigo De Paul (90+4’ Lo Celso); Nicolas Gonzalez (90+4’ Ocampos), Lautaro Martinez, Julian Alvarez (53’ Messi).

Pelatih: Lionel Scaloni.

Timnas Paraguay (5-3-2) : Carlos Coronel; Ivan Ramirez (46’ Rojas), Fabian Balbuena, Gustavo Gomez, Junior Alonso (76’ Villalba), Matias Espinoza; Alvaro Campuzano (71’ Ojeda), Richard Sanchez, Adam Bareiro (70’ Sanabria); Miguel Almiron (86’ Avalos), Ramon Sosa.

Pelatih: Daniel Garnero.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.