Dark/Light Mode

MotoGP

Bagnaia Torehkan Sejarah Di Mandalika

Senin, 16 Oktober 2023 07:00 WIB
Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia mengangkat trofi juara pertama di podium seusai balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). (Foto: Antara)
Pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia mengangkat trofi juara pertama di podium seusai balapan MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/10/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia berhasil mencetak sejarah di MotoGP Indonesia 2023. Ini menjadi kemenangan pertama bagi pebalap asal Italia di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemenangan Bagnaia ini juga sekaligus kembali mendudu­ki puncak klasemen sementara musim ini. Kini, Bagnaia telah mengoleksi 346 poin di puncak klasemen. Sedangkan, pesaing terdekatnya Jorge Martin (Prima Pramac) berada di bawahnya dan terpaut 18 poin, sementara Marco Bezzecchi juga berhasil mengoleksi poin dan mempertah­ankan posisinya di urutan ketiga klasemen dengan 283 poin.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Trofi Juara Moto2 di GP Mandalika 2023

Bagnaia yang memulai balap­an di posisi ke-134 tampil im­presif dan terlihat langsung berakselerasi dan membuktikan kemampuannya sebagai sang juara bertahan. Ia melaju pesat, meninggalkan para pebalap di belakangnya.

Pesaing terbesar Bagnaia musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac), juga melakukan hal yang sama. Martin juga melaju begitu cepat dari posisi keenam dan segera mengambil alih posisi polesitter Luca Marini (Mooney VR46).

Baca juga : Joss, Bagnaia Cetak Sejarah Di Mandalika

Sayang, Marini sempat ter­jatuh karena terlibat kontak dengan Brad Binder (Red Bull KTM) yang kemudian dike­nakan penalti long lap. Marini segera bangkit lagi dan mencoba mengejar ketertinggalannya. Namun, adik dari Valentino Rossi tersebut tak lama kembali ke pit dan menerima perawatan medis pertamanya di area bahu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mundur dari balapan.

Dua lap berlalu, tak membu­tuhkan waktu lama bagi Bagnaia untuk segera menembus posisi lima besar dengan menyalip Aleix Espargaro (Aprilia Rac­ing). Bagnaia terlihat menar­getkan untuk memotong tiga pebalap di depannya yakni Mar­tin, Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.