Dark/Light Mode

MotoGP

Joss, Bagnaia Cetak Sejarah Di Mandalika

Minggu, 15 Oktober 2023 18:55 WIB
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. (Foto : ist)
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mencatat sejarah baru di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, NTB, pada Minggu (15/10).

Ngacir dari posisi ke-13, dia naik podium utama di Pertamina Mandalika dan langsung memimpin klasemen sementara MotoGP.

Memulai dari P13, Bagnaia tancap gas membuktikan kemampuannya sebagai sang juara bertahan. Ia melaju pesat, meninggalkan para pembalap di belakangnya.

Baca juga : MotoGP, Pecco Kagum Antusiasme Fans Mandalika

Pesaing terbesar Bagnaia musim ini, Jorge Martin (Prima Pramac), juga melakukan hal yang sama. Martin juga melaju begitu cepat dari P6 dan segera mengambil alih posisi polesitter Luca Marini (Mooney VR46).

Namun, adik dari Valentino Rossi tersebut tak lama kembali ke pit dan menerima perawatan medis pertamanya di area bahu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mundur dari balapan.

Bagnaia memotong tiga pembalap di depannya yakni Martin, Maverick Vinales (Aprilia Racing), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Baca juga : Marquez Siap Bangkit Di Sirkuit Mandalika

Juara delapan kali Marc Marquez (HRC) terjatuh dan memutuskan untuk tidak menyelesaikan balapan meski dilaporkan baik-baik saja.

Martin juag terjatuh di lap 13 saat berusaha melewati Tikungan 11. Hal itu pun membuat dia harus mundur dari balapan dan Vinales segera mengambil alih posisi menjadi yang terdepan.

Persaingan sengit berlangsung di antara Vinales, Bagnaia, dan Quartararo yang saling berkejaran untuk posisi pertama. Dengan 10 lap tersisa, Bagnaia masih berusaha untuk mengejar Vinales.

Baca juga : Moeldoko Janji Kawal Netralitas TNI Di Tahun Politik

Namun Vinales tak mampu membendung dominasi Bagnaia hingga bendera kotak-kotak dikibarkan.

Dengan ini, maka Bagnaia telah mengoleksi 346 poin di puncak klasemen. Martin berada di bawahnya dan terpaut 18 poin, sementara Marco Bezzecchi juga berhasil mengoleksi poin dan mempertahankan posisinya di urutan ketiga klasemen dengan 283 poin

"Saya pikir ini layak didapatkan. Saya mulai dari posisi 13 pada lap pertama. Martin sempat bilang 'hati-hati dengan ban dan lihat saja nanti' dan itu benar. Di 10 lap terakhir saya menjaga kecepatan dan mengendalikan balapan dan saya bahagia dengan ini," ujar Bagnaia usai balapan MotoGP Mandalika 2023.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.