Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2024

Bekuk Yunani, Van Dijk Cs Masih Menggantung

Selasa, 17 Oktober 2023 06:35 WIB
Para pemain timnas Belanda di ajang kualifikasi Euro 2024. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Belanda di ajang kualifikasi Euro 2024. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda sukses mengalahkan tuan rumah Yunani dengan skor tipis 1-0 dalam laga lanjutan matchday kedelapan Grup B Kualifikasi Euro 2024, yang digelar di OPAP Arena, Athena, Selasa (17/10/2023) dini hari WIB.

Belanda mendapat hadiah dua penalti dari wasit. Penalti pertama diambil Wout Weghorst yang gagal berbuah gol. Eksekusi kedua dilakukan Virgil van Dijk sukses menjadi gol.

Berkat hasil ini, Belanda sukses menggusur Yunani dari peringkat dua klasemen Grup B dengan perolehan poin yang sama, 12. Belanda pun membuka peluang untuk lolos langsung ke putaran final Euro 2024.

Baca juga : Ada Penembakan, Laga Swedia Vs Belgia Disetop

Virgil tampil apik pada laga ini. Ia sukses memimpin lini belakang timnya untuk menghalau serangan Yunani yang cukup signifikan terutama di babak kedua.

Namun Belanda masih butuh kemenangan memastikan tempat meraih tiket Euro 2024 di Jerman nanti.

“Mereka (Yunani) akan menggunakan segalanya untuk mendapatkan hasil yang mereka butuhkan. Saya dapat mengatakan bahwa kami akan menang, tetapi kami lebih memilih untuk menunjukkannya di lapangan. Ini adalah pertandingan yang berbahaya,” tutur Koeman dilansir football-oranje.

Baca juga : Lawan Brunei, Sananta Siap 100 Persen

Catatan ini menjadi modal bagus bagi De Oranje untuk membuka harapannya meraih tiket ke Euro 2024.

“Kami mengambil banyak hal dari pertandingan pertama melawan Yunani, tapi mereka juga bisa mengambil pelajaran dari hal itu,” lanjut pelatih berusia 60 tahun itu.

Jika kalah di laga selanjutnya, peluang Belanda untuk lolos otomatis ke Euro akan hilang dan Yunani akan unggul enam poin dengan hanya dua pertandingan tersisa untuk Oranje.

Baca juga : Besok Lawan Brunei, Sananta Cs Siap Cetak Banyak Gol Lagi

Jika Belanda finis terbaik ketiga, mereka masih memiliki kesempatan lolos ke Euro 2024 lewat jalur playoff dengan menjalani dua pertandingan.

Susunan Pemain 
Timnas Yunani (4-3-3) : Odisseas Vlachodimos; Lazaros Rota, Konstantinos Mavropanos, Panagiotis Retsos, Konstantinos Koulierakis (Manolis Siopis 61’); Anastasios Bakasetas (Taxiarchis Fountas 60’), Dimitrios Kourbelis (Andreas Bouchalakis 60’), Petros Mantalos (Vangelis Pavlidis 81’); Giorgos Masouras (Giorgos Giakoumakis 77’), Fotis Ioannidis, Kostas Tsimikas.
Pelatih: Gustavo Poyet.

Timnas Belanda (3-4-3) : Bart Verbruggen; Lutsharel Geertruida (Donyell Malen 46’), Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Mats Wieffer (Marten De Roon 81’), Tijjani Reijnders, Quilindschy Hartman (Micky Van de Ven 74’); Xavi Simons (Joey Veerman 62’), Wout Weghorst (Brian Brobbey 62’), Steven Bergwijn.
Pelatih: Ronald Koeman.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.