Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2024

Ada Penembakan, Laga Swedia Vs Belgia Disetop

Selasa, 17 Oktober 2023 05:15 WIB
Penonton laga Swedia vs Belgia yang ketakutan akibat insiden tembakan. (Foto : Skysport)
Penonton laga Swedia vs Belgia yang ketakutan akibat insiden tembakan. (Foto : Skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gegera insiden penembakan, laga Belgia vs Swedia pada Kualifikasi Euro 2024 di Stadion King Baudouin, Brussels, Selasa (17/10)  dihentikan.

Laga baru berjalan babak pertama saat kedudukan imbang 1-1. Vitor Gyokeres lebih dulu mencetak gol untuk membawa Swedia unggul. Namun kemudian Romelu Lukaku mencetak gol melalui titik penalti.

Dikutip Sky News, peristiwa penembakan terjadi sekitar 5 km dari King Baudouin Stadium yang jadi tempat pelaksanaan pertandingan Belgia vs Swedia.

Baca juga : Inggris Vs Italia, Tiga Singa Ogah Ngalah

Dua warga Swedia yang mengenakan jersey timnas Swedia dilaporkan tewas . Pelaku diduga seorang pria. Dia melepas tembakan membabi buta. Polisi Brussels masih memburu pelakunya.

“Laga dihentikan di jeda babak pertama berdasarkan alasan keamanan. Informasi lanjutan akan diberikan kemudian,” tulis UEFA dalam website resmi mereka.

Pihak keamanan meminta para penonton untuk tetap berada di dalam stadion sebagai langkah pencegahan keamanan. 

Baca juga : Sheikh Jassim Mundur, Selangkah Lagi Miliarder Inggris Beli Man United

Prioritas utama pihak keamanan saat ini adalah agar ribuan penonton yang ada di dalam stadion bisa pulang dengan selamat.

Dugaan sementara pria yang melakukan penembakan tersebut berafiliasi dengan organisasi tertentu yang menimbulkan kekacauan.

“Menyusul dugaan serangan di Brussels malam ini, telah diputuskan, setelah berkonsultasi dengan kedua tim dan otoritas kepolisian setempat, bahwa pertandingan Kualifikasi UEFA Euro 2024 antara Belgia vs Swedia dibatalkan,” demikian bunyi pernyataan pihak UEFA.

Baca juga : Portugal Vs Bosnia, CR7 Diistirahatkan

“Komunikasi lebih lanjut akan dilakukan pada waktunya,” tulis UEFA.

Akibat dari kejadian itu, tingkat keamanan dari Belgia meningkat menjadi level 4. Itu menjadi pertama kalinya dalam sejarah.

Level tersebut menjadi tingkat keamanan tertinggi yang pernah diterapkan oleh Belgia. Sebelumnya mereka hanya menaikkan level ketiga pada 2015 silam setelah adanya serangan di Paris dan Brussels.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.