Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Eropa 2024

Portugal Vs Bosnia, CR7 Diistirahatkan

Minggu, 15 Oktober 2023 12:18 WIB
Cristiano Ronaldo. (Foto : ist)
Cristiano Ronaldo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Bosnia & Herzegovina akan menjamu Portugal asuhan Roberto Martinez pada matchday 8 Kualifikasi Piala Eropa 2024 Grup J.

Duel akan dilangsungkan di Stadium Bilino polje, pada Selasa, 17 Oktober 2023, pukul 01.45 WIB, disiarkan secara live di Vision+.

Timnas Portugal menjadi satu dari empat Negara yang sudah pasti lolos ke Euro 2024. Sejauh ini, baru empat tim yang lolos ke putaran final Euro 2024. 

Jerman jadi tim pertama yang lolos. Bukan lewat jalur kualifikasi, Jerman lolos karena menyandang status tuan rumah.

Tiga Negara lain yang sudah pasti lolos ke Euro 2024 adalah Prancis, Belgia, dan Portugal. Ketiganya berjuang dari babak kualifikasi dan meraih hasil bagus.

Portugal selalu menang pada tujuh laga Grup J. Walau masih ada tiga laga yang harus dimainkan, Portugal sudah memastikan tiket ke Euro 2024.

Portugal yang sudah lolos akan berusaha untuk mewujudkan delapan kemenangan beruntun di Grup J ketika melawan Bosnia & Herzegovina.
Kelolosan Portugal ke Euro 2024 dipastikan berkat kemenangan 3-2 atas Slowakia pada Sabtu (14/10) dini hari WIB.

Sementara Bosnia & Herzegovina masih memiliki peluang untuk finis kedua, sebagaimana mereka kini duduk di urutan keempat, tertinggal empat poin dari tim peringkat kedua Slowakia dengan jumlah pertandingan yang sama.

Bosnia memang tidak pernah lolos ke Euro, tetapi mereka hadir di Piala Dunia 2014, tersingkir di babak penyisihan grup kompetisi tersebut.

Sedangkan Portugal, pernah menjadi juara Euro 2016, runner-up pada 2004 dan semifinalis pada 1984, 2000 dan 2012, sehingga mereka tahu apa yang diperlukan untuk memainkan turnamen ini.

Baca juga : Yunani Vs Belanda, De Oranje Masih Punya Asa

Bosnia & Herzegovina belum melaporkan kekhawatiran cedera apa pun dari pertandingan terakhir mereka dengan Liechtenstein. 
Jadi, tidak mengherankan jika melihat susunan pemain yang sama turun ke lapangan untuk pertandingan ini.

Edin Dzeko sekali lagi akan tampil di sepertiga akhir lapangan, sementara Miralem Pjanic yang berpengalaman akan ditemani Gojko Cimirot di lini tengah.

Pelatih Timnas Portugal, Roberto Martinez, diperkirakan akan melakukan perubahan dari tim yang turun ke lapangan saat melawan Slowakia.

Mungkin ada dua pemain yang diganti di lini belakang, dengan Goncalo Inacio dan Nelson Semedo berpotensi dimainkan, sementara Ruben Neves dan Vitinha mungkin dipercaya di lini tengah.

Joao Felix dan Diogo Jota juga akan menjadi starter di sepertiga akhir lapangan, selagi Ronaldo bisa jadi duduk di bangku cadangan bersama Bernardo Silva, Joao Palhinha dan Rafael Leao.

Roberto Martinez memuji penampilan Cristiano Ronaldo usai menaklukan Slovakia 3-2. Sang nahkoda Selecao das Quinas menyebut CR7 bermain dengan sangan baik sehingga Portugal berhasil lolos ke putaran final Piala Euro 2024 mendatang.

“Ronaldo sedang dalam performa terbaiknya, bermain banyak menit dan mencetak banyak gol saat pertandingan,” tutur Roberto Martinez dikutip dari situs resmi Timnas Portugal.

Dalam pertandingan melawan Slovakia, Cristiano Ronaldo telah mencetak dua gol satu diantaranya dari titik putih pada menit ke-29 dan menit ke-72.

Terlebih, pemain Al-Nassr itu mampu mencetak dua gol dalam membantu Portugal mengalahkan Slovakia.

Di samping itu, Roberto Martinez menilai pengalaman yang dimiliki bintang timnas Portugal itu mampu menjadi angin segar bagi para pemain muda timnas Selecao das Quinas.

Baca juga : Norwegia Vs Spanyol, Ujian Bomber Erling Haaland

Namun terlepas dari itu nahkoda Portugal tetap menegaskan bahwa hasil tersebut tak lepas berkat kerjasama tim bukan individu.

“Di tim nasional dia memiliki banyak pengalaman, Dia adalah stimulus dan referensi bagi pemain muda pemain. Kami semua melakukan yang terbaik. Ini bukan permainan individu,” jelas Roberto Martinez.

Portugal merupakan tim yang memiliki segudang pemain bertalenta seperti Bruno Fernandes, Joao Felix, Diego Jota bahkan Cristiano Ronaldo.

Meskipun begitu juru taktik Roberto Martinez mengaku sulit untuk memanfaatkan para pemain hebat di Timnas Portugal. “Bagi seorang pelatih, adalah tugas yang sulit untuk dapat menggunakan semua bakat tersebut,” jelas Roberto Martinez.

Di sisi lain, CR7 sendiri manilai bahwa timnya lolos ke Euro 2024 berkat dengan kemampuan seluruh penggawa lainnya.

“Portugal lolos karena mereka bermain bagus, mereka memiliki tim yang hebat, pelatih yang hebat dan kami pantas lolos,” ujar Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo diperkirakan akan kembalimenjadi ujung tombak Timnas Portugal saat menghadapi Bosnia & Herzegovina.

Masa depan pemain berusia 38 tahun itu bersama tim nasional diragukan pada akhir Piala Dunia 2022, tetapi ia masuk dalam skuad pertama manajer baru Roberto Martinez pada bulan Maret.

Ronaldo mencetak dua gol melawan Liechtenstein sebelum mencetak dua gol lagi melawan Luksemburg tiga hari kemudian, dan oleh karena itu akan sulit bagi Martinez untuk tidak mencadangkannya.

Goncalo Ramos menjalani musim 2022/2023 yang luar biasa untuk Benfica tetapi kemungkinan akan berada di bangku cadangan bersama pemain seperti Rafael Leao dan Diogo Jota, menunjukkan opsi tim di sepertiga akhir lapangan.

Baca juga : Portugal Menang, CR7 Happy

Memang, Joao Felix dan Bernardo Silva diperkirakan akan bermain bersama Ronaldo di lini depan, sementara mungkin ada dua pemain Manchester United di XI yaitu Diogo Dalot dan Bruno Fernandes.

Joao Palhinha menjalani musim yang cemerlang di Fulham dan bisa tampil di lini tengah, sementara pemain remaja Benfica Antonio Silva kemungkinan akan bermain dalam formasi tiga bek.

Nuno Mendes adalah pemain yang absen dari skuad karena cedera, yang diperkirakan akan membuka pintu bagi Raphael Guerreiro untuk memulai sebagai bek sayap kiri di pertandingan Grup J.

Tim Sepak Bola Bosnia dan Herzegovina dan Portugal telah bermain 5 pertandingan sejak 2009. Di antaranya, Bosnia dan Herzegovina memenangkan-pertandingan total 2 gol. Portugal memenangkan 4 pertandingan dan bermain imbang satu kali.

Prediksi Susunan.

Timnas Bosnia & Herzegovina (5-3-2) : Sehic; Dedic, Ahmedhodzic, Milicevic, Sanicanin, Gazibegovic; Hadziahmetovic, Cimirot, Pjanic; Dzeko, Prevljak.
Pelatih: Faruk Hadzibegic.

Timnas Portugal (3-4-3) : Patricio; A Silva, Dias, Danilo; Dalot, Palhinha, Fernandes, Guerreiro; B Silva, Ronaldo, Felix.
Pelatih: Roberto Martinez.

4 Pertemuan terakhir
15/11/2011 Portugal 6-2 Bosnia (Kualifikasi Euro)
11/11/2011 Bosnia 0-0 Portugal (Kualifikasi Euro)
18/11/2009 Bosnia 0-1 Portugal (Kualifikasi Piala Dunia)
14/11/2009 Portugal 1-0 Bosnia (Kualifikasi Piala Dunia).
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.