Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kolombia Vs Brasil, Menanti Debut Striker Termuda Samba

Jumat, 17 November 2023 06:45 WIB
Endrick. (Foto : Ist)
Endrick. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pagi ini, Jumat (17/11) Timnas Brazil akan melanjutkan petualangan babak kualifikasi Piala 2026 zona Conmebol melawan Kolombia di Stadion Metropolitano, Barranquila.

Laga ini sekaligus laga perdana bagi striker termuda Tim Samba, Endrick. Ya, Endrick bakal tercatat sebagai pemain termuda karena akan tampil di usianya yang baru menginjak 17 tahun.

Dia dipanggil Pelatih Fernando Diniz untuk laga Samba kontra Kolombia, dan Argentina dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol, setelah tampil fenomenal bersama Palmeiras.

Selain Endrik, Diniz juga memanggil tiga debutan lain di Brasil yakni Joao Pedro, Paulinho dan Pepe. Mereka menggantikan para pemain pilar seperti Danilo, Eder Militao, Casemiro, dan Neymar, yang tengah mengalami cedera.

Baca juga : Dihajar Irak 5-1, Indonesia Paling Buncit Di Grup F

Selain performanya yang kerap mengacak-ngacak lini bertahan awan, Endrick dipanggil lantaran terbilang cukup tajam. Pemain yang akan bergabung Real Madrid tahun depan itu tercatat sudah mencetak tiga gol dalam dua laga terakhir untuk Palmeiras.

Pemanggilannya pun membuatnya pemain termuda yang dipanggil ke tim senior Selecao sejak Ronaldo pada 1994.

“Endrik adalah pemain muda yang punya potensi untuk jadi pemain besar. Dia kelahiran 2006 tapi sangat menjanjikan. Kami tak tahu apakah dia akan tertekan dengan tingginya ekspektasi tersebut. Panggilan ini adalah anugerah untuknya, dan bagian dari visi kami melihat masa depan,” kata Diniz seperti dikutip dari Sky Sport, Kamis (16/11).

Di debutnya nanti, Endrick kemungkinan akan ditandemkan dengan dua seniornya di Real Madrid nanti, Vinicius Junior dan Rodrygo. Keduanya sedang dalam performa menanjak di El Real. Endrick mengucapkan terima kasih kepada Diniz atas kesempatan yang diberikan kepadanya.

Baca juga : Jadwal Piala Dunia U-17: Indonesia Vs Maroko, Ini Preview Dan Link Streaming-nya

Dia merasa menjadi sangat spesial dan berharap dapat membantu tim di dua laga penting nanti. “Saya juga ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah bersama dalam karier saya. Tidak mudah untuk sampai di sini hari ini,” kata Endrick.

Namun demikian, performa Timnas Brazil saat ini sedang tak stabil. Juara lima kali Piala Dunia ini belum lama kalah 2-0 dalam laga terakhir kontra Uruguay, setelah sebelumnya ditahan imbang Venezuela 1-1.

Situasi makin memburuk setelah sang ikon, Neymar, ambruk di lapangan karena cedera ACL. Dia bakal absen di laga kontra Kolombia dan Argentina.

Posisi Selecao di klasemen bahkan cukup rawan. Mereka berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan tujuh poin dari empat laga, atau tertinggal lima poin dari Argentina di puncak klasemen.

Baca juga : Malam Ini Lawan Irak, STY Nggak Peduli Soal Statistik

Mereka bahkan hanya kalah selisih gol dari Uruguay di peringkat kedua. Sementara, Kolombia kini duduk di peringkat lima dengan enam poin. Skuat asuhan Nestor Gabriel ini tak boleh dipandang enteng. Mereka belum pernah kalah dalam 15 laga terakhir.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.