Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Lolos Putaran 2, STY: Pemain Timnas Sudah Bekerja Keras

Rabu, 18 Oktober 2023 05:12 WIB
Selebrasi Egy MV usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam, Selasa (17/10) malam. (Foto : PSSI)
Selebrasi Egy MV usai mencetak gol ke gawang Brunei Darussalam, Selasa (17/10) malam. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih timnas Shin Tae-yong mengapresiasi timnas Indonesia yang lolos di pentas kualifikasi Piala Dunia putaran kedua di grup F.

Indonesia memastikan merebut tiket ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2016 seusai mengalahkan Brunei Darussalam pada leg kedua dengan 6-0, Selasa (17/10).

Hasil ini membuat Indonesia lolos ke Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Baca juga : Lolos Ke Babak 2 Usai Gunduli Brunei 6-0, Erick: Merah Putih Siap Tempur

"Kami bandingkan skuad pertandingan pertama dengan yang kedua. Hampir 70 persen diganti dan para pemain sendiri memang sangat bekerja keras dan bermain dengan baik. Walaupun bermain tandang tetap tidak lengah, jadi saya berterima kasih kepada para pemain," kata pelatih Shin pada konferensi pers setelah pertandingan.

Pelatih Shin sendiri melakukan rotasi pada sejumlah sektor dan memberi kepercayaan kepada para pemain yang tidak dimainkan pada leg pertama.

Meski demikian, kedigdayaan tim Indonesia atas Brunei yang sangat terasa, tidak membuat pelatih Shin meremehkan sang lawan.

Baca juga : Cukur Brunei Dengan Agregat 12-0, Indonesia Lolos Ke Putaran 2

"Memang tim Brunei tim lawan kita ya, jadi saya tidak bisa menilai apa-apa terhadap tim Brunei. Jika membentuk infrastruktur yang baik, sepak bola Brunei pasti punya harapan untuk berkembang ke depannya," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Penyerang PSS Sleman Hokky Caraka kembali diberikan kesempatan bermain oleh pelatih Shin, dan ia membalasnya dengan menyumbang dua gol pada babak pertama.

"Ya semua pertama-tama saya berterima kasih coach Shin Tae-yong telah mempercayai saya dan mungkin ini karena kerja keras tim jadi saya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, dan semoga semakin ke sana, semakin baik permainan kita," ujar Hokky.

Baca juga : Hokky Caraka Brace, Timnas Bantai Brunei 3-0 Di Babak Pertama

Sebelumnya, Indonesia unggul agregat 12-0 melawan Brunei Darussalam. Dua laga dilalui, Egy Maulana Vikcri Cs menang dengan skor yang sama 6-0.

Laga kedua, Selasa (17/10) malam, gol Merah Putih dilesakkan Hokky Caraka pada menit ke-5, 43, dan Egy menit ke-43. Sedangkan pada babak kedua diciptakan oleh Witan Sulaeman menit ke-46, Rizki Ridho menit ke-63, dan Ramadhan Sanata menit ke-81. Sanata pun menyamai torehan Dimas Drajad dengan koleksi 3 gol.  

Pada ronde kedua, Indonesia harus finis sebagai dua teratas untuk bisa lolos ke ronde ketiga dan semakin dekat dengan pintu Piala Dunia 2026 yang bakal digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko dengan diikuti 48 tim.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.