Dark/Light Mode

Piala Dunia

Pelatih Timnas Spanyol U-17 Kagumi Keramahan Warga Indonesia

Jumat, 10 November 2023 11:24 WIB
Para pemain timnas Spanyol U-17. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Spanyol U-17. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih tim nasional Spanyol U-17, Jose Maria Lana Fernandez, mengagumi keramahan warga Indonesia menyambut galaran Piala Dunia U-17.

Timnas Spanyol menjadi salah satu negara yang sempat menggelar pemusatan latihan di Bali.  Setelah itu, tim Matador muda bergeser ke Kota Solo sebagai tuan rumah grup B. 

Spanyol mendarat di Bandara Adi Soemarmo pada Senin (6/11/2023). Mereka sudah menjelajah Solo karena tiga kali latihan di tiga lapangan berbeda yakni di Stadion Mini Blulukan, lalu Lapangan Sriwaru, dan melakukan official training di Lapangan Banyuanyar.

Jose Maria Lana Fernandez menikmati setiap momen di Indonesia. Ia melihat timnya cukup senang dengan sambutan yang diterima sejak hari pertama di Bali hingga menuju laga pembuka melawan Kanada.

Baca juga : Malam Ini, Matador Muda Pantang Remehkan Kanada

“Kami merasa senang banget bisa bertanding di Indonesia karena respons orang Indonesia setiap kita datang itu baik banget,” ujar Jose Maria Lana Fernandez, Kamis (9/11/2023).

Spanyol menjadi salah satu kontestan yang ditunggu-tunggu setiap perhelatan Piala Dunia U-17. Spanyol selalu menyertakan bakat-bakat terbaik yang sedang merintis karier ke jenjang profesional.

Meski tak menyertakan Lamine Yamal yang dibutuhkan tim nasional senior, Spanyol U-17 masih punya Marc Guiu. Rekan Yamal di Barcelona ini sedang jadi pembicaraan setelah mencetak gol perdana di Liga Spanyol tempo hari ke gawang Athletic Bilbao.

“Banyak orang-orang yang kenal dengan pemain kita. Kita senang banget dengan penerimaan orang-orang yang ada di sini,” tutur Jose Lana.

Baca juga : Uzbekistan Mau Cetak Sejarah Di Indonesia

Jose Lana mengakui salah satu hal yang awalnya sulit dijalani di Indonesia adalah perbedaan waktu dan cuaca. Hal itu sangat dirasakan pada hari-hari awal di Bali.

Namun setelah kini bergeser ke Kota Solo, para pemain merasa lebih baik. Makanya, Spanyol siap bertarung di grup B melawan Kanada, Mali dan Uzbekistan.

“Di awal-awal memang agak sulit karena perbedaan waktu, cuaca dan kelembaban, tapi sekarang karena sudah beberapa hari, rasanya sudah bisa beradaptasi dengan lebih baik," ungkap Jose Lana.

Pria yang juga pelatih Timnas U-19 Spanyol ini siap membantu para pemain untuk tampil lebih baik. Target Jose Lana bukan sekadar berprestasi di Piala Dunia U-17 2023.

Baca juga : Sambut Piala Dunia U-17, PLN Pastikan Kelistrikan Andal

“Kita akan melakukan hal terbaik yang bisa kita lakukan, mempersiapkan mereka menjadi pemain-pemain terbaik di karier selanjutnya. Ajang ini akan menjadi bagian untuk membuat gebrakan,” jelas Jose Lana.

Jose Lana tak merasa Spanyol menjadi tim superior di Piala Dunia U-17 2023. Semua peserta memiliki peluang yang sama untuk membuat prestasi terbaik.

“Kita berusaha melakukan dengan baik sesuai dengan yang kita mau,” tegas Jose Lana.

Spanyol mengawali perjalanan dengan menantang Kanada di Stadion Manahan Solo, Jumat (10/11/23) malam. Kanada bakal mendapat dukungan dari beberapa orang Spanyol yang bekerja di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.