Dark/Light Mode

Kaisar Sepakbola Wafat, Jerman Berduka

Selasa, 9 Januari 2024 15:03 WIB
Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer. (Foto  Ist)
Legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi Sepakbola Jerman (DFB) berduka. Salah satu legenda sepakbola Jerman, Franz Beckenbauer meninggal dunia di usia 78 tahun.

Beckenbauer tutup usia pada Minggu (7/1/2024). Presiden DFB, Bernd Neuendorf, mengatakan negaranya kehilangan sosok karismatik di jagad kulit bundar Jerman.

Neuendorf mengatakan, Beckenbauer memiliki jejak hidup yang dipenuhi respek dan penghormatan luar biasa.

Baca juga : Barca Butuh Energi Baru

"Kami kehilangan pesepakbola unik dan sosok yang dicintai. Der Kaiser adalah salah satu pemain terbaik yang pernah dilihat olahraga kami," kata Neuendorf di laman DFB.

Ucapan duka cita turut datang dari Bundesliga. Lewat pernyataan resminya, Bundesliga menegaskan tidak akan ada lagi 'kaisar sepakbola' selain Beckenbauer.

"Sepakbola telah kehilangan salah satu sosok luar biasa dan satu hal yang jelas: Tidak akan ada kaisar kedua dalam sepakbola dunia. Gelar itu selamanya melekat kepada Franz Beckenbauer," begitu isi pernyataan resmi klub.

Baca juga : Mahfud MD: Rizal Ramli Sahabat Berdebat Dan Teman Berjuang

Franz Beckenbauer memang legenda sepakbola Jerman. Dia menjadi pahlawan yang membawa Die Mannschaft menjadi juara Piala Eropa 1972 dan Piala Dunia 1974.

Legenda yang dikenal sebagai salah satu libero terbaik yang pernah ada ini juga meraih tiga titel Piala Champions secara beruntun bersama Bayern Munich. Der Kaiser juga dua kali memenangkan Ballon d'Or pada 1972 dan 1976.

Jejak emas Franz Beckenbauer turut terasa semasa menjadi pelatih. Dia berhasil mengantarkan Jerman juara Piala Dunia 1990.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.