Dark/Light Mode

Barca Loyo, De Jong: Bukan Salahnya Xabi Hernandez...

Senin, 29 Januari 2024 06:11 WIB
Xavi Hernandez. (Foto : ist)
Xavi Hernandez. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keputusan mengejutkan datang dari pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. Ia mengumumkan akan meninggalkan kursi pelatih Barca, setelah timnya dipermalukan Villarreal 3-5 di pekan ke-22 La Liga, di Stadion Olimpic Lluis Companys, Minggu (28/1).

Xavi memang berada dalam tekanan, setelah Barca meraih serangkaian hasil buruk musim 2023/24 ini.

Meskipun membawa tim lolos fase gugur Liga Champions, Barcelona gagal meraih gelar di Piala Super Spanyol, tersingkir dari Copa del Rey dan tertinggal sepuluh poin dari Real Madrid di La Liga.

Baca juga : Rencana MU Datangkan Benzema Makin Menguat

“Saya ingin mengumumkan bahwa pada tanggal 30 Juni saya tidak akan lagi menjabat sebagai pelatih di Barca. Saya pikir situasinya harus berubah arah, saya tidak bisa membiarkan situasi sekarang,” kata Xavi yang dikutip Football Espana.

Meski begitu, Xavi yakin Barcelona masih bisa mengakhiri musim dengan baik. “Saya rasa itu akan membantu dinamika klub berubah dan saya masih merasa kami bisa menjalani musim yang sangat bagus. Saya harus memikirkan klub sebelum diri saya sendiri,” katanya.

Sebelumnya, Xavi memang mengatakan bahwa ia siap meninggalkan Barcelona bila ia merasa tidak bisa membuat timnya kompetitif di akhir musim.

Baca juga : Waspadai Pegawai Honorer Siluman...

Xavi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada 2021, ia berhasil mempersembahkan trofi Liga Spanyol pada musim 2022/23 dan Piala Super Spanyol pada 2023.

Sementara itu, gelandang Barcelona, Frenkie de Jong mencoba membela Xavi. Pemain asal Belanda itu menilai kekalahan Barca 5-3 dari Villareal pada laga lanjutan La Liga di Estadi Olimpic Lluis Companys, Minggu (28/1) dini hari kemarin, bukan kesalahan dirinya.

Pembelaan ini disampaikan sebagai bentuk dukungan kepada Xaxi yang memutuskan akan mundur dari jabatannya akhir musim nanti usai kekalahan tersebut.

Baca juga : Masyarakat Bogor Doakan Firli Bahuri Menang Praperadilan

“Hasil buruk yang dialami Barcelona bukan karena Xavi. Itu salah kami sebagai pemain yang tidak bisa menjalankan instruksinya,” kata De Jong seperti dikutip dari Sky Sport, Minggu (28/1). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.