Dark/Light Mode

Bakri Cs Tatap Gelar Juara BACT Di Malaysia

Minggu, 11 Februari 2024 05:38 WIB
Ganda putra Bagas Maulana/ Muhammad Shohibul Fikri. (Foto : Ist)
Ganda putra Bagas Maulana/ Muhammad Shohibul Fikri. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganda putra Bagas Maulana/ Muhammad Shohibul Fikri yakin, Indonesia bisa rebut gelar juara di Kejuaraan Beregu Bulutangkis Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024.

Turnamen itu digelar di Malaysia, pada 13-20 Februari 2024. Pasangan ganda putra yang akrab disapa Bakri ini akan jadi ganda putra pertama Indonesia di BATC 2024.

Keduanya mengaku bersemangat untuk menampilkan performa terbaik dan berikan poin untuk tim. Fikri mengaku, harus selalu siap.

Menurutnya, lawan-lawan yang akan dihadapi sama dengan di turnamen lainnya. Sisi positifnya adalah, Bakri akan menghadapi lawan yang bagus.

“Apalagi kalau bisa dapat poin buat tim, biar tim lebih semangat lagi,” ucap Fikri, kemarin.

Tim putra Indonesia merupakan tim tersukses di BATC. Total Indonesia merebut tiga gelar juara dan selalu maju ke final sejak BATC digelar pada 2016.

Tapi, pada final edisi terakhir di 2022, Indonesia dikalahkan Malaysia 0-3 di final. Bagas meyakini, tim putra Indonesia punya peluang bagus untuk kembali ke final dan menjadi juara di BATC 2024.

Baca juga : Darmadi Dampingi Ganjar Sambut Perayaan Imlek Di Jakarta

“Apalagi ini Indonesia mainnya juga bagus-bagus. Yang penting percaya diri dulu,” ucap Bagas.

Dua tahun lalu, sambungnya, Tim Garuda bisa menembus final dengan para pemain pelapis. Dia berharap hal itu juga bisa dilakukan tahun ini.

Di mana Indonesia menurunkan tim pelapis. Dari segi persiapan, Bagas mengaku, sudah melakukannya dengan baik. Dia berharap, bisa bermain maksimal.

“Persiapan sejauh ini sudah cukup bagus. Yang penting penampilan bisa maksimal di pertandingan mendatang,” katanya.

Di bagian putra, Indonesia berada di Grup D bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi. Bagas/Fikri sepakat, Korea Selatan menjadi tim paling diwaspadai di fase grup.

“Korea Selatan menurunkan tim utama, kalau tidak salah. Saya lihat, Seo Seung Jae juga main,” kata Fikri.

Terpisah, tunggal putri andalan Indonesia di BATC 2024 Putri Kusuma Wardani, mengaku, fokus menjaga semangat dan kekuatan mentalnya.

Baca juga : Darajat Bakti Purnama Gelar Pesta Solidaritas Di Cafe Bajawa Flores

Putri akan turun sebagai tunggal putri pertama di ajang tersebut. Sejauh ini, persiapan yang dilakukannya sama ketika menghadapi pertandingan lain di turnamen diikutinya.

Hanya saja, karena kali ini akan tampil beregu, dia ingin menjaga mental dan rasa tak mau kalah. Dia tak menampik ada perasaan tegang, karena kali ini dia akan jadi andalan merebut poin.

Tapi, karena sudah pernah merasakannya, dia akan berusaha untuk bisa bermain baik. “Paling penting tidak mau kalah, karena dari situ pasti ada kemungkinan menang juga,” ujarnya.

Lebih lanjut, Putri mengklaim kini sudah mulai menemukan rasa percaya dirinya lagi, setelah sempat merasa terpuruk beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kini dia telah mengalami perkembangan yang positif. “Dari cara bermain, cara berpikir, pelan-pelan sudah mulai bangkit lagi,” ujar tunggal putri peringkat 33 dunia itu.

Kemarin, tim bulutangkis Indonesia telah tiba di Malaysia. rombongan tim berkekuatan 8 pemain putra dan 10 pemain putri, ditambah pelatih, manajer tim, dan tim pendukung.

Dua atlet putra Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan tidak ikut dalam rombongan. Mereka bakal menyusul ke Negeri Jiran usai mengikuti kejuaraan di Sri Lanka.

Baca juga : Pj Walkot Tangerang Serahkan Beasiswa Bagi Puluhan Mahasiswa

Manajer tim Indonesia Rionny Mainaky mengatakan, seluruh tim semua dalam kondisi sehat dan prima. Mereka berangkat dengan mengusung semangat besar dan kekompakan.

“Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia agar kami bisa tampil optimal,” ucapnya.

Di kejuaraan beregu itu, skuad Merah-Putih telah menunjuk namanama pemain yang bakal diandalkan demi merebut poin kemenangan.

Tim putra diisi Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno, dan Alvi Wijaya Chairullah untuk sektor tunggal. Sementara di nomor ganda, diwakili Bakri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Rahmat/Yeremia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.