Dark/Light Mode

Putri Bamsoet Juara 4 Indonesia Drift Series Round 1 & Round 2 Ajang IIMS 2024

Senin, 19 Februari 2024 13:17 WIB
Saras Shintya Putri alias Chacha (Foto: Istimewa)
Saras Shintya Putri alias Chacha (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saras Shintya Putri alias Chacha, putri Ketua MPR sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo Bamsoet) meraih juara empat dalam Women Drift Challange (WDC) di Indonesia Drift Series (IDS) Round 1 and Round 2, dalam ajang IIMS pada 17-18 Februari 2024, di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Posisi pertama diraih Sayaka Shimoda (Jepang), disusul Ayuni Widya Kusuma (Korea) di posisi kedua, dan Revey Vamella (Indonesia) di posisi ketiga.

"Selamat untuk para pemenang, termasuk untuk putri saya, Saras Shintya Putri, yang selalu membuat bangga keluarga karena berhasil meraih podium di berbagai event IDS pada 2023, dan dilanjutkan di event pembuka tahun 2024 ini. Selamat juga untuk Akbar Rais, pelopor IDS, yang pada tahun 2024 ini berkolaborasi dengan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS)," ujar Bamsoet, di Jakarta, Senin (19/2/24).

Baca juga : Genjot Layanan Digital, Bank DKI Raih Indonesia Living Legend Company Award 2024

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, IDS 2024 mempertandingkan 3 kelas. Selain WDC, ada juga kelas Pro dan Pro2. Total pesertanya mencapai 44 peserta, selain drifter dari Indonesia juga ada perwakilan drifter dari Jepang, Malaysia dan Korea.

"Sejak pertama kali dilaksanakan pada 2021, IDS telah menjadi rumah bersama untuk lebih dari 100 drifter dari berbagai kelas untuk tumbuh dan berkembang, termasuk bagi para drifter wanita. Konsistensi penyelenggaraan IDS, akan menjadikan drifting semakin berkembang, baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi prestasi," jelas Bamsoet.

Baca juga : Pertamina Usung Konsep Performance and Green Di IIMS 2024

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, IDS 2024 akan menjadi lebih meriah tahun ini dengan menjadi tuan rumah D1 Grand Prix Southeast Asia Series. Di tahun ini pula, untuk pertama kalinya IDS didukung Agen Pemegang Merek (APM) otomotif, yakni perusahaan otomotif asal Jepang Subaru.

"Subaru Indonesia menjadi sponsor resmi IDS dengan Subaru BRZ yang menjadi official car Women Drift Challenge, Subaru WRX Wagon yang menjadi safety car, hingga dukungan terhadap atlet drift PRO Class Ziko Harnadi dari Garasi Drift untuk project BRZIKO," ujar Bamsoet.

Baca juga : Ganda Putra Juara, BNI Apresiasi Prestasi Atlet Bulutangkis Indonesia di Ajang Indonesia Master 2024

Putri Bamsoet Chacha bukanlah nama baru di dunia balap. Sebelum meraih podium ketiga di IDS 2023 putaran 3, ia juga berhasil meraih juara empat dalam kategori WDC Amateur pada IDS 2023 Putaran 2 yang digelar Juli 2023 di Sirkuit J99 Maxx Karawaci, Tangerang. Kesuksesan ini kemudian dilanjutkan pada event NDS Lite Round 3, di APDCrew Circuit, Serdang, Malaysia, Juli 2023, di mana Cacha kembali meraih Juara IV kategori Womens Drift Challenge.

Prestasi Chacha tidak hanya mencerminkan bakat dan dedikasinya dalam balap mobil, tetapi juga pesan penting tentang kesetaraan gender dalam dunia balap. Bamsoet merasa bangga atas pencapaian putrinya dan peserta perempuan lainnya dalam menunjukkan bahwa dunia balap bukanlah milik eksklusif para pria. Prestasi Chacha lainnya adalah juara 4 dalam kategori Women's Drift Challenge (WDF) Amateur 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.