Dark/Light Mode

Promosi Wisata Di Jepang, Garuda Indonesia Gandeng KBRI Gelar Travel Fair 2024

Kamis, 25 Januari 2024 20:31 WIB
Deputy General Manager Garuda Indonesia Tokyo, Carina Megarani saat memberi sambutan di acara Travel Vair 2024 di Gedung KBRI Tokyo, Kamis (25/1). (Foto: Ist)
Deputy General Manager Garuda Indonesia Tokyo, Carina Megarani saat memberi sambutan di acara Travel Vair 2024 di Gedung KBRI Tokyo, Kamis (25/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bersama dengan maskapai nasional Garuda Indonesia melakukan promosi wisata, seni dan budaya di Gedung KBRI Tokyo, Jepang, Kamis (25/1).

Promosi yang bertajuk 'KBRI Tokyo & Garuda Indonesia Travel Fair 2024' ini berhasil menyedot perhatian lebih dari 70 agen perjalanan, operator, media, dan pelaku industri pariwisata di Negeri Sakura.

Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Tokyo, Meinarti Fauzie, menjelaskan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi wisata favorit warga Jepang. 

Menurutnya, banyak hal yang menjadi daya tarik warga Jepang untuk berkunjung ke Indonesia. Di antaranya; kekayaan alam, warisan budaya, dan keramahan masyarakat Indonesia.

"Mulai dari keindahan pantai di Bali hingga cantiknya hutan hujan di Sumatera, dari kemegahan Candi Borobudur hingga pesona Jakarta yang semarak," ujar Meinarti Fauzie didampingi Diplomat Muda Lodya Habsanthiara Mone dan Mukti Romadona Setianto.

Baca juga : Disikat Jepang 3-1, Skuad Garuda Masih Punya Peluang Menuju 16 Besar

Ia menambahkan, KBRI Tokyo dan Garuda Indonesia konsisten melakukan kolaborasi dalam hal promosi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Indonesia. Sebelumnya, pada Oktober 2023, KBRI bersama Garuda juga menggelar Hari Kebudayaan dan Pariwisata Manado 2023.

"Untuk mempromosikan salah satu destinasi super prioritas Indonesia yaitu Likupang,” tambahnya

Deputy General Manager Garuda Indonesia Tokyo, Carina Megarani mengatakan acara Travel Fair ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Garuda Indonesia yang ke-75. 

Dalam kesempatan itu, pihaknya membagikan informasi seputar rute penerbangan Garuda dan paparan potensi kerja sama wisata super prioritas di Indonesia. Ia mengajak warga Jepang untuk berkunjung ke Indonesia dengan Garuda.

"Di Jepang, kami ingin terus menjadi penghubung dan penguat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Jepang," ujar Carina dalam sambutannya.

Baca juga : Inzaghi Catat Rekor, Inter Milan Dapat Penglaris Gelar 2024

Selain pameran wisata, acara ini juga diramaikan oleh pertunjukan seni tradisional Indonesia, seperti Tari Cendrawasih dari Bali dan Tortor Batak Dance oleh grup Nusantara Indonesia. 

Puncak acara ditandai dengan pemberian omiyage atau suvenir spesial berupa paket tumpeng mini dari KBRI Tokyo.

Sekedar informasi, Jepang merupakan salah satu sumber wisatawan mancanegara Indonesia, khususnya untuk wilayah Bali.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sebelum pandemi pada 2019, kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia mencapai 519.623 orang. 

Sedangkan saat pandemi pada 2021 kunjungan wisatawan Jepang hanya 5.952 orang. Pada 2023 total jumlah warga negara Jepang yang berlibur ke Indonesia hingga November mencapai 228.117 orang.

Baca juga : Pertamina Trans Kontinental Raih 3 Pengharaan di Indonesia Green Awards 2024

Dalam upaya menggairahkan pariwisata ke Indonesia di 2023 telah dibuka penerbangan Garuda Indonesia, Tokyo - Denpasar serta penerbangan dengan transit di Manado. 

Penerbangan ini diharapkan dapat terus meningkatkan jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia. Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan Narita - Denpasar setiap hari dan Haneda - Jakarta 4 kali tiap pekannya. 

Garuda Indonesia juga merencanakan akan menambah frekuensi rute Haneda - Jakarta menjadi setiap hari pada akhir Maret 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.