Dark/Light Mode

Dejan Dan Gloria Fokus Kejar Poin Olimpiade Paris

Selasa, 27 Februari 2024 06:56 WIB
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. (Foto : Ist)
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turnamen bulutangkis German Open 2024 mulai bergulir Selasa (27/2/2024). Dua wakil Indonesia tercatat sebagai pemain unggulan. Rangkaian German Open 2024 yang digelar di Kota Mulheim, berlangsung hingga Minggu (3/3/2024).

Tahun ini merupakan edisi 64 turnamen itu digelar. Sepanjang keikutsertaannya di German Open, Indonesia sudah mengantongi 16 gelar.

Tunggal putra mengoleksi paling banyak gelar, yakni enam. Sedangkan, ganda campuran baru sekali. Sisanya dari tunggal putri, ganda putri, serta ganda putra.

Tahun ini, Indonesia tak mengirimkan wakilnya secara penuh ke German Open 2024. Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) sengaja mengatur turnamen yang diikuti para atlet, karena padatnya jadwal pada Maret ini.

Tercatat ada enam turnamen yang berlangsung di bulan tersebut. Bahkan, dua di antaranya memiliki jadwal sama. Yakni, Orleans Masters dan All England Open pada 12-17 Maret.

Baca juga : Pacman Dilarang Tampil Di Olimpiade Paris

Selain tiga turnamen itu, ada French Open, Swiss Open, dan Spain Masters.

Mengingat padatnya jadwal, hanya empat wakil yang diturunkan di German Open 2024. Mereka adalah tunggal putra Alwi Farhan, serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Alwi akan memulai debutnya di German Open kali ini dengan tampil dari babak kualifikasi. Dari hasil undian, Alwi akan melawan Fabio Capinio (Italia).

Berbeda dengan Alwi, tiga pasang ganda campuran langsung main dari babak utama atau 32 besar. Rinov/Phita akan melawan pemenang dari babak kualifikasi ke-2.

Di ajang ini, mereka berstatus sebagai unggulan ke-8. Sementara Rehan/ Lisa, yang jadi unggulan ke-7, akan bentrok dengan ganda campuran Skotlandia Adam Hall/Julie Machpherson.

Baca juga : Rinov/Mentari Dipatok Lolos Olimpiade Paris 2024

Dejan/Glo langsung menghadapi unggulan ke-5 dari Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek. Ganda campuran non Pelatnas PBSI ini bertekad mengikuti seluruh turnamen Eropa yang ada karena tengah mengejar poin buat lolos Olimpiade.

“Turnamen Eropa semua lima turnamen dari Jerman sampai Spain,” kata Dejan kepada awak media di Jakarta, Senin (26/2).

Dia mengaku ingin mencapai hasil yang terbaik. Target minimalnya adalah masuk babak delapan besar, hingga semifinal. Sehingga, mereka bisa menambah poin yang dibutuhkan agar lolos ke Olimpiade 2024 Paris.

Apalagi, selisih poin dengan para pesaing menuju ke gelaran tersebut tidak terpaut terlalu jauh. “Dengan ganda campuran lain cuma beda beberapa sedikit-lah. Jadi masih ada kans lolos untuk kami juga sih,” ujarnya.

Untuk jadwal, German Open 2024 lebih dulu tampil mempertandingkan babak kualifikasi pada 27 Februari 2024. Biasanya, fase ini hanya bergulir satu hari.

Baca juga : Fiorentina Vs Inter Milan, Nerazzurri Tampil Pincang

Di pagi hingga siang hari waktu setempat. Mereka yang tampil akan memperebutkan tiket ke babak utama atau 32 besar.

Setelah mendapatkan wakil-wakil yang lolos ke babak utama, dilanjutkan babak 32 besar atau babak pertama yang berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu.

Kemudian seluruh peserta yang lolos ke babak kedua German Open 2024 akan kembali bertanding pada hari berikutnya, hingga partai final pada Minggu (3/3/2024). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.