Dark/Light Mode

Pelecehan Seksual, Dani Alves Dicoret Dari Daftar Legenda Klub

Kamis, 29 Februari 2024 14:58 WIB
Dani Alves. (Foto : ist)
Dani Alves. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus pelecehan seksual yang melibatkan Dani Alves merembet ke Barcelona. Klub sepak bola raksasa Spanyol, Barcelona itu mencabut nama Dani Alves dari statusnya sebagai legenda klub. 

Keputusan ini dibuat usai Alves dihukum empat setengah tahun penjara gegara pelecehan seksual.

Sepanjang 125 tahun sejarah mereka, 102 pemain telah dinobatkan sebagai legenda Barcelona. Jordi Alba, Sergio Busquets, dan Gerard Pique menjadi pemain terbaru yang bergabung dalam daftar tersebut. Termasuk Dani Alves.

Namun Barcelona telah menghapus Dani Alves dari dari daftar legenda dari situs web La Braugana.

Baca juga : Inter Milan Vs Atletico Madrid, Ujian Untuk Si Ular Besar

Alves dijatuhi hukuman empat setengah bulan penjara, serta kompensasi sebesar 150.000 euro atau setara Rp 2,53 miliar kepada korban dan pembayaran biaya hukum.

“Barca telah membuat tindakan simbolis ini efektif setelah hukuman atas pelecehan seksual menjadi final,” tulis surat kabar Sport, dikutip dari Marca.

Dani Alves, pesepakbola tersukses kedua dalam sejarah dengan mengoleksi 43 gelar. Capaiannya hanya mampu dilampaui oleh Lionel Messi.
Alves memainkan 408 pertandingan bersama Barcelona dengan memenangkan tiga Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, tiga Piala Dunia Antarklub, enam gelar La Liga, empat Copa del Rey, dan empat Supercopa de Espana.

Alves dinyatakan bersalah dalam kasus pelecehan seksual terhadap seorang wanita pada 2023.

Baca juga : AJI Semarang Kutuk Dugaan Pelecehan Seksual Jurnalis Di Kampanye Ganjar-Mahfud

“Pengadilan mempertimbangkan bahwa telah terbukti korban tidak memberikan persetujuan, dan bahwa ada bukti, selain kesaksian penggugat untuk menganggap pemerkosaan terbukti,” demikian pernyataan pengadilan Catalunya.

Sebelumnya, Alves dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di kamar mandi sebuah klub malam di Barcelona pada 31 Desember 2023.

Laki-laki berusia 40 tahun itu sempat membantah gugatan tersebut. Ia bersikeras bahwa tidak ada hal yang terjadi saat dia dan sang wanita berada di dalam kamar mandi.

Dani Alves ditangkap pada Januari 2024 dan ditahan di penjara penahanan pra-peradilan di Spanyol.

Baca juga : Tersandung Grasi Pelecehan Seks Anak, Presiden Hongaria Katalin Novak Mundur

Seorang hakim menolak permintaan jaminan rutin dan menganggapnya sebagai resiko pelarian.

Kasus ini disidangkan selama tiga hari di pengadilan di Barcelona pada awal Februari 2024. Alves pun menyatakan bakal mengajukan banding atas putusan pengadilan tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.