Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Ini 4 Tim Yang Lolos Championship Series, 3 Klub Turun Kasta

Rabu, 1 Mei 2024 05:28 WIB
Para pemain Madura United lolos ke babak Championship series. (Foto : Ist)
Para pemain Madura United lolos ke babak Championship series. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pentas BRI Liga 1 rampung dilaksanakan hingga pekan ke-34. Empat klub lolos zona Championship series, tiga tim terdegradasi.

Borneo FC menjadi tim pertama yang lolos karena juara regular series. Kedua Persib Bandung yang mengunci status sebagai runner up.

Bali United juga berhasil memastikan tempat ketiga. Tim keempat adalah Madura United.

Baca juga : Huistra Tak Risau Borneo Kalah 3 Kali Beruntun

Madura United meraih 54 poin, sementara PSIS Semarang meraih 53 poin. Di laga pamungkas, Madura United ditahan imbang Arema FC dengan skor 0-0 di laga pamungkas, sementara PSIS kalah 2-1 dari Persija Jakarta. Alhasil Madura United menjadi tim terakhir yang lolos ke babak Championship.

Sementara tiga tim dipastikan hengkang dari BRI Liga 1 adalah RANS Nusantara FC, Persikabo dan Bhayangkara FC.

RANS Nusantara turun kasta setelah menelan kekalahan dari PSM Makassar pada laga pekan ke-34.

Baca juga : Dewa United Vs Madura, Super Ketat Demi Championship Series

RANS Nusantara FC tandang ke markas PSM di Stadion Batakan pada duel hari Selasa, 30 April 2024. RANS Nusantara FC menelan kekalahan dengan skor 3-2 dari Juku Eja.

Kekalahan ini membuat RANS Nusantara FC kini berada di posisi ke-16 klasemen akhir BRI Liga 1 2023/2024. RANS Nusantara FC hanya mampu mendapat 35 poin, tertinggal dua poin dari PSS Sleman yang ada di atasnya.

Kedua adalah Persikabo 1973. Tim berjuluk Laskar Padjadjaran itu tampil buruk sejak awal musim. Pergantian pelatih dan komposisi pemain tak mengubah banyak hal.

Baca juga : Malam Ini Lawan Borneo, Maung Bandung Turunkan Pemain Terbaik

Persikabo 1973 hanya mampu meraih empat kemenangan dari 34 laga yang sudah dimainkan. Mereka hanya mampu mendapat 20 poin dan menjadi juru kunci klasemen.

Bhayangkara FC juga dipastikan degradasi dari BRI Liga 1. The Guardian memulai musim dengan sangat buruk. 

Bhayangkara FC melakukan perubahan pada putaran kedua. Mereka merekrut banyak pemain top seperti Witan Sulaeman, Junior Brandao, Putu Gede, hingga Radja Nainggolan.

Namun, perubahan itu tidak banyak membawa dampak positif. Performa Bhayangkara FC masih jauh dari konsisten dan mereka akan turun kasta ke Liga 2.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.