Dark/Light Mode

Perempat Final Uber Cup 2024

Srikandi Lawan Gajah Putih

Kamis, 2 Mei 2024 06:30 WIB
Manajer Tim sekaligus Kabid Binpres PP PBSI Ricky Soebagdja. (Foto: PBSI)
Manajer Tim sekaligus Kabid Binpres PP PBSI Ricky Soebagdja. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Uber Indonesia dipasti­kan berjumpa Thailand di babak perempat final Uber Cup 2024. Srikandi Indonesia keluar sebagai runner up Grup C setelah kalah dari Jepang 3-2 di partai terakhir penyisihan grup.

Manajer Tim sekaligus Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (Kabid Binpres PP PBSI) Ricky Soebagdja memastikan, Indonesia akan bersua Negeri Gajah Putih. Dia me­minta pemainnya untuk lebih siap lagi. Karena, semua tim memiliki kekuatan merata.

“Ada harapan besar ketika melawan Thailand nanti bisa ada peluang untuk lolos ke semifinal,” jelas Ricky usai per­tandingan Tim Uber Indonesia, kemarin.

Peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu menilai, para Srikandi Merah-Putih menunjuk­kan penampilan yang sangat baik dan maksimal saat menghadapi tim putri Jepang. Meski akhirnya Indonesia harus kalah tipis 2-3.

“Yang paling penting walau­pun kalah 2-3 mereka bisa lebih percaya diri dan menambah semangat juangnya,” katanya.

Baca juga : Klaim Digebukin Mantan

Pengalaman pertandingan melawan Jepang, lanjutnya, ha­rus dijadikan semangat lebih lagi bagi para pemain. Jadi, jika bisa lolos ke semifinal, mereka bisa lebih siap. “Mereka bisa tingkat­kan lagi setelah penampilan yang begitu luar biasa, menam­bah lagi semangat dan fighting spirit-nya di lapangan,” katanya.

Soal susunan pemain di perem­patfinal, Ricky mengatakan, tim bersama ofisial dan pelatih akan melakukan evaluasi, diskusi, dan perhitungan terlebih dulu. Demi bisa meraih hasil maksimal.

Harapannya, di perempatfinal adalah yang terbaik untuk sektor tunggal dan ganda. Karena peluang di nomor tersebut cukup besar.

“Tinggal bagaimana saya akan diskusikan kesiapan para pemain, untuk siapa yang tampil di laga pertama dan kedua,” terangnya.

Diketahui, Indonesia mem­berikan perlawanan cukup sen­git saat bersua dengan Jepang. Bahkan, para Srikandi Cipayung sempat unggul 1-0, setelah Gregoria Mariska Tunjung men­galahkan tunggal putri terbaik Jepang, Akane Yamaguchi.

Baca juga : Eco–anxiety Jangkiti Anak Muda Dunia

Bertanding di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Gregoria menang rubber game ketat dengan skor 17-21, 21-17, 21-13. Butuh 53 menit bagi Gregoria untuk mengalahkan Yamaguchi.

Di laga tersebut, Gregoria mampu mengontrol permainan pada awal gim pertama. Namun, terdapat beberapa poin diraih Yamaguchi akibat bola-bola Gregoria yang tersangkut di net atau keluar. Karena itu, Gregoria kalah di gim pertama.

Di gim ke-2, Gregoria kembali menemukan ritme permainan­nya, hingga berhasil unggul. Di set penentuan, juara Japan Masters 2023 itu tidak mengen­durkan semangatnya dan unggul cukup jauh, untuk kemudian me­nutup laga dengan kemenangan.

“Di gim ke-3, saya lebih per­caya diri, cukup stabil, konsisten dan tidak melakukan banyak ke­salahan sendiri,” kata Gregoria.

Jepang kemudian menyamakan kedudukan, setelah pasangan baru Siti Fadia Silva Ramadhanti/Lanny Tria Mayasari takluk dari dari Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Mereka kalah dalam laga sengit selama 72 menit, 9-21, 22-20, 16-21.

Baca juga : Menkominfo Bicara Transformasi Ekonomi Digital & Ekonomi Hijau

Indonesia berbalik tertinggal setelah tunggal kedua, Ester Nurumi Tri Wardoyo kalah dari Aya Ohori. Ester kalah dalam duel tiga gim, 21-14, 20-22, 18-21 dalam tempo 74 menit.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 2 Mei 2024 dengan judul Perempat Final Uber Cup 2024, Srikandi Lawan Gajah Putih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.