Dark/Light Mode

Gagal Ke Final Piala Asia U-23

Ayo Garuda Muda Tetap Semangat

Selasa, 30 April 2024 08:00 WIB
Kiper Timnas U-23 Ernando Ari berjibaku menahan serangan Timnas Uzbekistan, tadi malam. Garuda Muda kalah 2:0. (Foto: www.the-afc.com)
Kiper Timnas U-23 Ernando Ari berjibaku menahan serangan Timnas Uzbekistan, tadi malam. Garuda Muda kalah 2:0. (Foto: www.the-afc.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski gagal masuk final Piala Asia U-23, karena dikalahkan Uzbekistan 2-luang untuk lolos ke Olimpiade Paris. Ayo, jangan patah arang, tetap semangat Garuda Muda.

Laga semifinal antara Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Senin (29/4/2024) malam. Laga yang berlangsung panas ini, diwarnai oleh kontroversi VAR, hingga membuat Kapten Timnas Rizki Rido diusir keluar dari lapangan karena terkena kartu merah. Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Uzbekistan memang mendominasi serangan. Namun pertahanan yang kuat dari Garuda Muda, membuat skor tetap 0-0 hingga waktu turun minum.

Di babak ke dua, tensi permainan meningkat lagi. Indonesia yang banyak diserang sempat membuat kejutan dengan gol dari Ferari Romawi di menit 64. Namun, oleh wasit gol itu dianulir setelah mengecek di VAR bahwa striker Garuda Ramadan Sananta sudah berad di posisi offside.

Baca juga : Luluk Nur Hamidah: Kami Memahami Kekecewaan Relawan

Di menit ke-69, Uzbekistan justru berhasil merobek gawang Ernando Ari. Mental Garuda Muda makin tertekan ketika Rizki Ridho mendapat kartu merah di menit 83. Dengan 10 pemain, Uzbekistan makin bersemangat menggempur Garuda. Terbukti,1 menit kemudian, Uzbekistan unggul 2-0 lewat gol bunuh diri Arhan Pratama. Skor ini tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Meskipun gagal ke final, peluang Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris masih terbuka. Jalur berikutnya yang bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia U-23 untuk lolos adalah merebut posisi ketiga.

Hal ini juga yang dikatakan Muhammad Ferrari usai pertandingan berakhir. Dia tetap optimis bisa meraih tiket lewat perebutan juara 3.

Baca juga : La Ode Basir: Wajar Saja Jika Relawan Kecewa

“Di pertandingan selanjutnya kita akan berusaha untuk mempertahan peluang mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris. Kita sudah bermain bagus, hanya keberuntungan yang tidak ada di kita hari ini,” ujarnya usai pertandingan.

Meskipun Garuda Muda gagal ke final, sejumlah warganet tetap memberikan apresiasi tinggi kepada Arhan Cs.

“Bangga banget udah sampai titik ini. Semoga indonesia juara lagi di kesempatan yg akan datang jangan pantang menyerah justru ini sebuah keberhasilan. Semangat untuk pemain,” ujar @patuhiyah. “Tegakkan kepala kalian,dan tetap semangat...karena kalian telah menjadi juara di hati masyarakat... Tatap partai selanjutnya,,,in syaa allah bisa lolos ke paris,” hibur @arjuntanpana.

Baca juga : NasDem Jamin Tanpa Mahar

“Betul masih ada peluang. Ayo Indonesiaaaaa. Asa masih ada!!! kawal terus Garuda Muda,” timpal @arie90skid. “INGET TARGET KITA 8 besar, tim ini selangkah lagi ke olimpiade. APRESIASI !!! tegas @Mfdelightfull.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa, 30 April 2024 dengan judul Gagal Ke Final Piala Asia U-23 Ayo Garuda Muda Tetap Semangat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.