Dark/Light Mode

Piala Asia U-23

Lawan Guinea, Justin Hubner Bisa Turun

Senin, 6 Mei 2024 05:30 WIB
Justin Hubner. (Foto : ist)
Justin Hubner. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - kabar baik datang dari Tim Indonesia U-23 jelang laga kontra wakil Afrika, Guinea di Centre National du Football de Clairefontaine, Paris, 9 Mei mendatang dalam perebutan tiket Olimpiade.

Akumuluasi kartu kuning Justin Hubner pada Piala Asia U-23 tidak dihitung dalam playoff Olimpiade 2024.

Asisten pelatih Tim Indonesia U-23, Nova Arianto menyatakan, hal itu menjadi alasan pihaknya untuk berupaya agar Hubner mendapat restu dari klubnya Cerezo Osaka untuk membela kembali Tim Garuda Muda.

Sebab, pemain keturunan itu dibutuhkan Shin Tae-yong. Sebelumnya, Hubner sudah kembali ke klub selepas Piala Asia U-23. Pasalnya, babak playoff Olimpiade 2024 tidak masuk dalam kalender FIFA.

Baca juga : Hari Ini, Indonesia Siap Kawinkan Gelar Thomas Dan Uber Cup

“Tidak dihitung (akumulasi kartu kuning Justin Hubner diputihkan). Iya (sudah berkirim surat). Kami tunggu update komunikasi dengan klub Justin,” kata Nova.

Hubner mendapat kartu kuning saat Indonesia melawan Uzbekistan dan Irak pada Piala Asia U-23 2024. Di ajang tersebut, Indonesia harus puas menepati posisi keempat, sehingga harus menjalani laga playoff, jika ingin tampil di Olimpiade Paris.

Pada kesempatan sama, Nova juga mengatakan, kalau kartu merah yang diterima Rizky Ridho saat timnya melawan Uzbekistan pada Piala Asia U-23 tetap dihitung pada playoff Olimpiade 2024.

Jadi, pemain Persija itu dipastikan tidak akan main melawan Guinea. “Hanya Ridho yang tidak bisa main,” ujarnya.

Baca juga : Jokowi: Tetap Semangat, Rebutlah Tiket Olimpiade!

Guna menambah kekuatan, PSSI juga akan memanggil Elkan William Tio Baggott atau Elkan Baggott untuk memperkuat tim Indonesia U-23 lawan Guinea dalam perebutan tiket Olimpiade Paris 2024.

“Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap Elkan Baggot dan tinggal menunggu respons dari klub,” ujar Ketua Badan Tim Nasional Sumardji.

Sebelumnya, Elkan yang kini baru berusai 21 tahun tidak memperkuat Indonesia, lantaran klubnya, Ipswich Town tidak memberi izin.

Kini, pada kesempatan yang berbeda, PSSI mencoba kembali memanggil pemain tersebut. Elkan Baggot mulai dikenal publik Tanah Air pada 2020 ketika dipanggil PSSI untuk memperkuat Timnas Garuda U-19 dalam laga persahabatan melawan Makedonia Utara.

Baca juga : Bakar Semangat Garuda Muda, Erick: Ayo Kita Fight Back, Come On

Pemain keturunan Indonesia-Inggris yang kini tengah dipinjamkan ke Bristol Rovers itu mulai bergabung dengan tim junior Ipswich Town pada 2019 dan diminta bergabung dengan klub senior pada 2020.

Elkan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan Ipswich Town pada 2021 dan mencatatkan rekor sebagai pemain Indonesia pertama yang berlaga di tanah Inggris.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.