Dark/Light Mode

Play-off Olimpiade Paris

Ini Yang Bikin Shin Tae-yong Ketar-ketir Lawan Guinea

Kamis, 9 Mei 2024 06:01 WIB
Para pemain timnas Indonesia. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Indonesia. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong waswas dengan lini belakang timnas Indonesia yang dinilai rapuh menghadapi laga playoff antar-konfederasi melawan Guinea.

Dijadwalkan, skuad Garuda Muda akan menghadapi Guinea pada pertandingan perebutan satu tiket tersisa untuk Olimpiade Paris 2024, di Clairefontaine, Paris, Kamis (9/5) pukul 20.00 WIB.

STY, pelatih asal Korea Selatan ini waswas karena dua pilar utama di lini belakang absen. Pemain Persija, Kapten Rizky Ridho dipastikan absen karena kartu merah pada pertandingan semifinal Piala Asia U-23 melawan Uzbekistan.

Baca juga : Lawan Guinea, Pelatih Persib: Timnas Akan Hadapi Lawan Berat

Sementara pemain naturalisasi Justin Hubner dipastikan tidak bermain karena tidak dilepas klubnya, Cerezo Osaka.

“Jujur skuad kita kurang baik. Bisa dikatakan lini belakang hampir runtuh saat ini,” kata Shin jelang laga.

Shin kecewa karena Justin tidak dilepas Cerezo Osaka, namun dia juga mengerti pihak klub membutuhkan Justin. "Saya merasa kesulitan, sangat disayangkan,” tambahnya.

Baca juga : Malam Ini Lawan Guinea, Dewangga Langsung Nyetel Bareng Timnas

Di atas kertas, kekuatan Guinea berada jauh di atas Indonesia. Negara Afrika itu menghuni posisi ke-76 dalam daftar peringkat terkini FIFA, sedangkan Indonesia berada di posisi ke-134.

Shin telah menganalisa kekuatan Guinea melalui rekaman-rekaman video, dan ia pun mengakui bahwa tim Afrika Barat itu memang memiliki kekuatan yang sangat layak diperhitungkan.

“Memang sekarang saya analisa terus lewat video pertandingan Guinea seperti apa. Tim yang sangat baik dan sangat kuat, apalagi pemain-pemain Guinea banyak yang bermain di Eropa juga. Jadi tidak bisa dikatakan ini tim lemah. Jadi ini hal yang cukup dikhawatirkan,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca juga : Malam Ini Lawan Irak, Shin Tae-yong Andalkan Rafael Struick

Menghadapi wakil Afrika itu, Shin tetap akan memplot Marselino Ferdinan di lini dena meski sempat mendapat banyak kritik pada pertandingan Piala Asia U-23 melawan Irak.

Shin mengakui bahwa penampilan Marselino kurang baik, tetapi ia pun meminta publik Indonesia dapat terus memberi dukungan kepada sang pemain.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.