Dark/Light Mode

Indonesia Bidik Olimpiade Paris 2024

Taeguk Warriors Dihantui Cedera

Rabu, 24 April 2024 06:40 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto: PSSI)
Timnas Indonesia U-23. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar buruk menghampiri tim Korea Selatan (Korsel) U-23 jelang menghadapi Indonesia di babak perempat final Piala Asia U-23 di Abdul­lah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Jumat 26 April 2024. Tim Taeguk Warriors diterpa masalah fisik dan cedera.

Hal itu diungkapkan pelatih Korea Selatan, Hwang Sun Hong seperti dikutip situs AFC, kemarin. Menurutnya, situasi tersebut bakal berdampak pada persiapan lawan Tim Garuda. “Ada beberapa masalah cedera di dalam skuad dan ini adalah situasi yang sulit,” kata Hong.

“Tapi saya ingin mengapr­esiasi para pemain atas semua kerja keras yang mereka tunjuk­kan pada pertandingan (lawan Jepang) ini,” sambungnya.

Korsel dipastikan akan menghadapi Indonesia di babak perempat final. Kepastian itu didapat setelah Korea Selatan berhasil kalahkan Jepang dengan skor 1-0 di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin (22/4/2024) kemarin malam.

Hwang Sun Hong menyam­paikan, para pemain tidak boleh larut dalam perayaan keber­hasilan lolos ke babak 8 besar. Pasalnya, dia menyebut akan ada pertandingan sulit ke depan­nya, yakni menghadapi Timnas Indonesia.

Baca juga : Nuggets Tumbangkan Lakers

“Ini bukan akhir dari turna­men, ini baru awal. Indonesia pun lawan yang sangat kom­petitif untuk dihadapi, sehingga kami harus melakukan persiapan terbaik di pertandingan selanjut­nya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Hwang Sun men­gaku harus memutar otak untuk menyiasati kekurangan di dalam timnya dengan melakukan rotasi di sejumlah posisi.

“Saya harus melakukan ban­yak rotasi karena ada masalah cedera di dalam skuad dan saya perlu mencari jalan terbaik untuk memenangkan pertandingan ini dan mendapatkan hasilnya,” ucapnya.

Meski demikian, yang patut diwaspadai tim Indonesia adalah sosok Young-jun Lee. Pasalnya, Young-jun Lee merupakan pencetak gol terbanyak Korsel dengan torehan tiga gol. Dia berdiri sejajar dengan topscorer lain yakni Abdullah Radif dan Abdullah Radif yang keduanya dari Arab Saudi.

Young-jun Lee merupakan pe­nyerang ujung tombak Korea Selatan yang mencetak gol penen­tu kemenangan melawan Uni Emirates Arab (UEA) dan China di babak penyisihan Grup B. Young-jun Lee bahkan memborong dua gol saat negaranya menghadapi China di matchday kedua.

Baca juga : Kampus AS Kompak Demo Bela Palestina

Dengan postur tinggi mencapai 190 cm, Young-jun Lee bukan cuma punya kecepatan dan kekua­tan. Duel-duel di udara menjadi kunci kekuatan Young-jun Lee dalam memenangkan bola.

Penyerang Gimcheon Sangmu yang sedang dipinjamkan ke Suwon FC ini kemungkinan bakal menjadi momok bagi per­tahanan Timnas Indonesia yang dikawal Rizky Ridho dan Justin Hubner. Keduanya diharap­kan mampu menempel ketat Young-jun Lee dan mematikan langkahnya.

Korea Selatan lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 berstatus sebagai juara Grup B. Mereka tampil sempurna di fase peny­isihan dengan meraih tiga ke­menangan. Sedangkan Indonesia lolos ke perempatfinal sebagai runner up Grup A. Indonesia meraih dua kemenangan dari tiga laga yang dijalani.

Pada kesempatan sama, Hwang Sun-hong, pantang ang­gap remeh Indonesia. Hwang Sun-hong mengungkapkan ka­lau tim yang dinahkodai Shin Tae-yong bukan lawan mudah. Juru taktik berusia 55 tahun itu akan mempersiapkan tim ter­baiknya guna mewujudkan tar­getnya, yakni membawa skuad muda Taeguk Warriors merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

“Pertandingan sesungguhnya akan dimulai saat ini (perempat final). Indonesia bukanlah tim yang mudah. Kami harus mem­persiapkannya,” katanya.

Baca juga : KPK Temukan Dua Pejabat Keuangan Punya Aset Kripto

Namun begitu, bukan tidak mungkin Skuad Garuda Muda bisa membuat kejutan. Terlebih, ada sosok Shin Tae-yong yang pastinya paham betul bagaimana sistem permainan Korea Selatan U-23. Timnas Indonesia U-23 juga sedang dalam performa yang apik dan motivasi tinggi setelah meraih kesuksesan di babak fase grup.

Setelah sukses membuat seja­rah baru dengan lolos ke perem­pat final Piala Asia U-23, Tim Indonesia U-23 kini membidik target yang lebih tinggi yaitu Olimpiade Paris 2024.

Untuk bisa lolos ke Olimpiade 2024 di Paris. Syaratnya adalah Indonesia harus finis ketiga di turnamen, atau minimal ke semifinal untuk berkesempatan maju lewat playoff. Ketum PSSI, Erick Thohir menargetkan hal itu bisa tercapai.

“Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga,” kata Erick Thohir, dalam rilis PSSI. n DHN

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 24 April 2024 dengan judul Indonesia Bidik Olimpiade Paris 2024, Taeguk Warriors Dihantui Cedera

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.