Dark/Light Mode

Semangati Langsung Timnas U-17 Putri, Erick: Ini Awal Kebangkitan

Minggu, 12 Mei 2024 19:05 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyaksikan langsung aksi timnas U-17 putri di Piala Asia U-17 Bali, Minggu (12/5/2024). (Foto: Instagram)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyaksikan langsung aksi timnas U-17 putri di Piala Asia U-17 Bali, Minggu (12/5/2024). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyemangati timnas U-17 putri yang sedang melakoni laga Piala Asia U-17 di Bali. Meski kalah telak di dua laga awal, Erick tetap hadir ke Bali demi memotivasi Garuda Muda Putri.

Erick mengakui, saat ini Indonesia masih dalam tahap membangun sepak bola putri. Namun, Erick memastikan, PSSI serius mempersiapkan timnas dan sepak bola putri secara total. Mulai dari memilih pelatih top sepak bola putri dunia asal Jepang, Satoru Mochizuki.

PSSI sukses melobi pelatih yang sukses mengantarkan timnas putri Jepang meraih peringkat dua Olimpiade 2012.

"Sore ini, saya hadir di Bali, mendukung timnas U-17 perempuan, tanpa melihat hasil. Memang kita start-nya minus. Saat ini, Coach Mochi dan seluruh tim tengah berbenah," ujar Erick dalam keterangannya, Minggu (12/5/2024).

Baca juga : Timnas U-17 Putri Indonesia Kudu Berisik Di Tengah Lapangan

Erick pun meminta pemain untuk tetap semangat, meski masih menantikan hasil positif.

Menurutnya, Piala Asia U-17 dapat menjadi pelajaran sekaligus pengalaman bagi para pemain Garuda Muda Putri, untuk semakin meningkatkan diri.

Erick optimistis, dengan pola pengelolaan yang total dan konsisten, sepak bola putri Indonesia bisa berbicara banyak.

Indonesia serius menata sepak bola putri dari posisi minus. Akses, fasilitas, hingga pemain serta kompetisi, sepak bola putri butuh peningkatan masif.

Baca juga : Indonesia Runner Up Piala Uber, Jorji: Ini Berkat Kekompakan Tim

Dengan alasan itu, Erick mendatangkan Coach Mochi sekaligus bekerja sama dengan federasi sepak bola Jepang JFA, untuk penataan secara total.

"Ini adalah misi jangka panjang, yang meski kondisi awal kita minus, kita memulainya dengan bekal keseriusan, konsistensi, dan semangat. Saya yakin, ini adalah awal dari kebangkitan sepak bola putri kita," tutur Erick.

Sesuai roadmap transformasi sepak bola nasional, sepak bola putri akan menjadi salah satu fokus. Dengan sistem jangka panjang, Indonesia bakal memiliki timnas sepak bola putri yang semakin tangguh.

"Dalam lingkup sepak bola nasional, kita tidak boleh menganaktirikan sepak bola perempuan. Selama ini, kita memang belum memiliki training center jangka panjang," papar Erick.

Baca juga : Timnas Tembus Semifinal, Erick: Ini Generasi Emas Sepakbola Indonesia

"Kita akan bangun secara bertahap, mulai dari level nasional kemudian turun ke level provinsi, dan lebih mikro lagi untuk menjaring bakat-bakat sepak bola putri Indonesia," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.