Dark/Light Mode

Kemenangan Atas Vietnam Patut Disyukuri, Daya Dobrak Lini Depan Jadi Catatan

Jumat, 22 Maret 2024 10:01 WIB
Pengamat sepak bola Bung Kusnaeni (Foto: Humas Kemenpora)
Pengamat sepak bola Bung Kusnaeni (Foto: Humas Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sepak bola Mohammad Koesnaeni mengapresiasi kemenangan Indonesia atas Vietnam 1-0, dalam duel lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri di menit 52.

Dengan tambahan tiga poin ini, Timnas Indonesia naik ke posisi dua klasemen sementara grup F. Dari tiga laga yang dimainkan, Indonesia kini mengoleksi nilai 4. Terpaut dua angka dengan Irak, yang menjadi pemuncak klasemen.

Baca juga : Teten Gaet Vietnam Perkuat Kerja Sama KUKM Dan Produksi Pangan

Sementara Vietnam, bertengger di posisi tiga dengan nilai 3. Sedangkan Filipina, menjadi juru kunci dengan nilai 1.

"Kemenangan ini patut disyukuri. Meski hanya menang tipis, tapi mampu  memberi tambahan tiga poin yang membuat peluang lolos ke fase berikutnya kembali terbuka," kata Kusnaeni yang akrab disapa Bung -Kus, Jumat (22/3/2024).

Menurutnya, pertahanan Indonesia yang kehilangan Jordi Amat dan Baggott di pertandingan tersebut, cukup mendapat ujian. Apalagi, posisi di bawah mistar gawang juga ditempati kiper cadangan Adi Satryo.

Baca juga : Garuda Kobarkan Semangat Tinggi

"Kurang tenangnya penampilan Adi bisa dimengerti. Dia masih minim pengalaman, dan tiba-tiba harus main karena kiper utama cedera," papar Bung Kus.

"Kredit tersendiri harus diberikan kepada bek debutan Jay Idzes yang tampil tenang, solid, dan percaya diri. Penampilan solid Idzes membuat persoalan di lini pertahanan bisa teratasi," imbuhnya.

Bung Kus pun menyoroti kondisi striker timnas Indonesia. Daya dobrak lini depan, disebut masih bermasalah. Hoky Caraka kurang bisa memainkan peran sebagai target man. Begitu pula Sananta, yang mainnya kurang lepas.

Baca juga : Kemenag Usulkan Bukti Bayar Zakat Jadi Syarat Naik Jabatan ASN

"Mudah-mudahan, pada pertemuan berikutnya di kandang Vietnam, kita sudah bisa memainkan Ragnar Oratmangun dan Thom Haye. Kemampuan Haye dalam mengorkestrasi permainan dan eksplosivitas Ragnar, akan sangat dibutuhkan," tutur Bung Kus.

"Mereka berdua bisa membuat lini depan punya opsi lebih banyak untuk membongkar pertahanan lawan. Tidak terpaku pada serangan-serangan sayap semata," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.