Dark/Light Mode

Coppa Italia

Atalanta Vs Juventus, Agar Tak Lagi Penasaran

Selasa, 14 Mei 2024 09:32 WIB
Para pemain Juventus. (Foto : ist)
Para pemain Juventus. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Laga ketat bakal mewarnai duel Atalanta kontra Juventus pada partai puncak Coppa Italia 2023/2024, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis (16/5/2024), pukul 02.00 WIB.

Laga ini disiarkan secara Live di TVRI, dan Live Streaming di beIN Sport.

Laga sebelumnya, Juventus alias Si Putih Hitam, gagal meraih poin penuh saat menghadapi Salernitana pada lanjutan pekan ke-36 Serie A Liga Italia 2023/2024 di Stadion Allianz pada Minggu (12/5/2024).

Hasil imbang ini membuat Juventus gagal menyalip Bologna di posisi ketiga klasemen. Namun, mereka dipastikan lolos Liga Champions musim depan dengan 67 poin, sama dengan Bologna di peringkat ketiga, tetapi kalah selisih gol.

Sementara Atalanta membuka peluang lolos ke Liga Champions setelah menumbangkan Serigala Ibu Kota, AS Roma 2-1.

Hasil ini membawa Atalanta beranjak ke peringkat kelima klasemen sementara Liga Italia, unggul tiga angka dari AS Roma yang masih menempel di posisi keenam dengan 60 poin.

Rasa penasaran jelas ingin dituntaskan Atalanta. Sejak dibesut Gian Piero Gasperini pada 2016 silam, mereka sudah 2 kali menembus final Coppa Italia, tapi tanpa mereka menangkan. 

Kegagalan terakhir Atalanta di final Coppa Italia terjadi pada 2021, saat takluk dari Juventus 2-1. Praktis final musim ini bakal jadi ajang revans bagi Atalanta.

Final musim ini juga jadi kesempatan Atalanta untuk menuntaskan puasa gelar Coppa Italia sepanjang 61 tahun. Sejak meraih gelar edisi 1963 silam, Nerazzurri belum mengangkat trofi Coppa kembali.

Baca juga : Atalanta Vs AS Roma, Misi Pelampiasan Dendam

Di sisi lain Juventus yang sudah 2 musim terakhir tanpa gelar, kini berambisi mengembalikan tradisi juara. Laga kontra Atalanta sekaligus jadi final ke-4 dalam 5 tahun terakhir Bianconeri di ajang Coppa Italia. Dalam 3 kesempatan sebelumnya, hanya 1 kali Juve angkat trofi, yaitu ketika menaklukkan Atalanta.

Jika Juve sampai kalah di laga nanti mereka bakal memperpanjang 3 musim tanpa trofi. Sebaliknya, tambahan 1 gelar akan memantapkan posisi Bianconeri sebagai tim tersukses di Coppa Italia (kini 14 trofi).

Atalanta bisa dibilang tengah dalam performa terbaik untuk merengkuh trofi perdana bersama pelatih, Gian Piero Gasperini. Kubu La Dea belum merasakan kekalahan dalam 7 laga beruntun, dengan 6 di antaranya adalah kemenangan.

Rentetan hasil positif itu ditorehkan Atalanta ketika menghadapi deretan duel berat. Termasuk menaklukkan AS Roma 2-1 pekan lalu di Serie A Liga Italia, hingga mengandaskan Marseille 3-0 di leg 2 semifinal Liga Europa (UEL).

Kini, Atalanta mencapai 2 final bersamaan dalam semusim (Coppa Italia dan UEL), yang sekaligus jadi pencapaian baru sepanjang La Dea dibesut Gasperini sejak 2016.

Namun Atalanta dihadapkan situasi sulit, lantaran mereka kehilangan sang penyerang, Gianluca Scamacca. Mantan penyerang West Ham United itu jadi kunci, dengan menjadi top skor tim lewat raihan 15 gol. Scamacca dipastikan absen karena skorsing kartu.

“Itu akan menjadi absen yang sangat besar, (tetapi) saya memilih untuk tidak memikirkan bagaimana dia (Scamacca) dikeluarkan dari final ini, dalam pertandingan melawan Fiorentina (di semifinal Coppa Italia),” tutur pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini di La Gazzetta dello Sport.

Masalah lain, Atalanta mesti berkutat dengan jadwal padat. Sepanjang Mei 2024, tim asal Bergamo ini sudah memainkan 4 laga krusial. 

Berbanding dengan Juventus yang hanya disibukkan 2 laga awal Mei 2024. Namun Gasperini menyatakan timnya sudah terbiasa dengan situasi tersebut.

Baca juga : PTPN I Tuntaskan Pembayaran SHT Bagi Pensiunan

“Sejak 27 Februari kami telah memainkan pertandingan yang sangat ketat setiap tiga hari dengan kecepatan yang sangat tinggi, kami berusaha untuk menutup semuanya dengan cepat sehingga kami dapat memberikan pertandingan terakhir melawan Fiorentina (di pekan terakhir Serie A),” terangnya.

Situasi lebih mengkhawatirkan justru terjadi di Juventus. La Vecchia Signora tercatat belum pernah menang dalam 6 laga beruntun jelang final Coppa Italia 2023/2024. Juve memetik 5 imbang dan menelan 1 kekalahan.

“Ini adalah situasi yang rumit, kami harus berusaha untuk tetap tenang, terutama karena kami harus memainkan final pada hari Rabu (Kamis, waktu Indonesia),” ujar pemain Juventus, Adrien Rabiot, di laman klub.

Massimiliano Allegri selaku pelatih Juventus tentu tak bisa hanya mengandalkan rekor pribadi, saat menorehkan 12 kemenangan, 10 imbang, dan 6 kalah dari Gasperini. 

Allegri menyadari, situasi Juve dan Atalanta saat ini sudah jauh berbeda dibanding pertemuan-pertemuan sebelumnya.

“Final melawan tim seperti Atalanta yang sudah banyak berkembang tentu akan berimbang,” ujar Massimiliano Allegri.

Atalanta dipastikan tampil tanpa penyerang, Gianluca Scamacca, karena skorsing kartu. Di saat yang sama, La Dea berupaya memulihkan Sead Kolasinac hingga Emil Holm usai cedera.

Juventus berharap bisa melengkapi skuad dengan pemulihan kondisi Danilo. Kabar baiknya, Juventus di laga terakhir sudah bisa kembali memasukkan penyerang muda, Kenan Yildiz, usai cedera pada April 2024.

Prediksi Susunan Pemain.

Baca juga : Final Coppa Italia: Juventus Vs Atalanta, Nyonya Tua Rapuh Di Belakang

Atalanta (3-4-2-1) : Marco Carnesecchi; Marten de Roon, Isak Hien, Berat Djimsiti; Hans Hateboer, Mario Pasalic, Ederson, Matteo Ruggeri; Charles de Katelaere, Teun Koopmeiners; Ademola Lookman.

Pelatih: Gian Piero Gasperini.

Juventus (3-5-2) : Wojciech Szczesny; Federico Gatti, Bremer, Daniele Rugani; Andrea Cambiaso, Weston McKennie, Manuel Locatelli, Adrien Rabiot, Filip Kostic; Dusan Vlahovic, Federico Chiesa.

Pelatih: Massimiliano Allegri.

Rekor 5 perjumpaan terakhir.

11/03/24 Juventus vs Atalanta 2-2
01/10/23 Atalanta vs Juventus 0-0
13/08/23 Juventus vs Atalanta 0-0
07/05/23 Atalanta vs Juventus 0-2
23/01/23 Juventus vs Atalanta 3-3

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.