Dark/Light Mode

Liga Europa

Atalanta Vs Liverpool, Si Merah Bakal Sulit Bangkit

Rabu, 17 April 2024 12:57 WIB
Para pemain Liverpool di pentas Liga Inggris. (Foto : ist)
Para pemain Liverpool di pentas Liga Inggris. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasukan Italia, Atalanta akan menjamu raksasa Liga Inggris, Liverpool pada duel leg kedua babak perempat final Liga Eropa 2023/2024.

Duel Atalanta yang berjuluk La Dea alias Sang Dewi melawan Liverpool alias Si Merah dilaksanakan di Stadion Gewiss, Bergamo, Lombardy, Italia, Jumat (19/4/2024), pukul 02.00 WIB, disiarkan live streaming di Vidio dan SCTV.

Pada pertandingan sebelumnya, Atalanta harus puas bermain imbang atas Hellas Verona dengan skor 2-2. .

Sementara di pertandingan sebelumnya, Liverpool menelan kekalahan atas Crystal Palace dengan skor 0-1.

Duel Atalanta vs Liverpool diprediksi akan berjalan alot. Kedua tim sama-sama memiliki kualitas pemain luar biasa. Namun klub asal Serie A Liga Italia itu sedikit diunggulkan untuk lolos ke babak Semifinal Liga Eropa.

Leg pertama yang berlangsung pekan lalu di Inggris menghasilkan skor 3-0 dengan kemenangan untuk tim asuhan Gian Piero Gasperini.

Pemain Atalanta, Giorgio Scalvini kemungkinan absen karena cedera hamstring. Sementara itu, Sead Kolasinac terkena cedera adduktor. Namun, ia berada di bangku cadangan ketika melawan Verona akhir pekan lalu.

Marten de Roon yang pekan lalu absen karena akumulasi kartu kuning akan masuk starting eleven. Pemain berkebangsaan Belanda itu akan mengisi posisi tiga bek bersama Berat Djimsiti dan Isak Hien. Davide Zappacosta yang kembali dari skorsing di Liga Italia juga akan menjadi starter.

Bek Liverpool, Conor Bradley kemungkinan besar absen karena cedera kaki yang dialami ketika melawan Crystal Palace. Trent Alexander-Arnold sudah pulih dari cedera lutut sehingga bisa bermain.

Stefan Bajcetic yang pekan lalu membela timnas Spanyol U-21 juga sudah bisa bermain. Sejumlah pemain masih absen karena cedera, yaitu Ben Doak (lutut), Joel Matip (lutut), dan Thiago Alcantara (otot).

Baca juga : AC Milan Vs AS Roma, Serigala Buru Mahkota Eropa

Alisson Becker dan Diogo Jota sudah pulih dari cedera sehingga bisa masuk starting eleven. Jota bisa menggantikan posisi Luis Diaz atau Darwin Nunez.

Liverpool harus bekerja keras untuk lolos ke babak selanjutnya mengingat Atalanta menang telak di leg pertama. Namun, lini belakang La Dea terbilang lemah meski memiliki permainan ofensif yang bagus.

Kendati Liverpool diperkirakan menang, Atalanta yang kemungkinan lolos ke semifinal mengingat skor agregat.

Liverpool harus melakukan salah satu comeback terbesar dalam sejarah mereka jika ingin lolos ke semi final Liga Europa.

Klub penghuni Anfield itu terpuruk di leg pertama perempat-final melawan Atalanta dan kini harus membalikkan defisit besar pada leg kedua yang digelar di Bergamo setelah kalah 3-0.

Alexander-Arnold diturunkan lebih awal dari yang diharapkan saat melawan Eagles karena cedera yang dialami pemain muda Conor Bradley, yang ditarik keluar setelah turun minum karena masalah kaki.

Jurgen Klopp mengonfirmasi pemain Irlandia Utara itu kesakitan setelah pertandingan dan bahwa Liverpool baru akan mengetahui sejauh mana masalahnya setelah pemeriksaan minggu ini.

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold mengatakan kepergian pelatih Jurgen Klopp bakal terasa aneh nantinya. Namun ia mengaku suka dengan tantangan baru yang akan muncul dengan hadirnya manajer baru di Anfield.

Jurgen Klopp mengaku dirinya tentu saja sangat kecewa atas kekalahan dari Atalanta itu. Apalagi ia tak suka dengan kekalahan.

Tapi ia terpaksa harus menelan pil pahit tersebut. Sebab itu memang resikonya sebagai seorang pelatih.

Baca juga : Ditahan Man United, Si Merah Gagal Geser Arsenal

“Pertama dan terpenting, saya tidak tahan (kekalahan). Tidak pernah bisa,” tegas Jurgen Klopp seperti dilansir Liverpool Echo.

“Tapi tetap saja itu adalah pekerjaan yang harus saya lakukan,” sambung klopp.

Jurgen Klopp kemudian menegaskan Liverpool akan berusaha bangkit dari kekalahan lawan Atalanta itu.

“Hal baik dari penampilan yang sangat buruk adalah Anda bisa bermain lebih baik. Kami harus mulai dari sana,” ujarnya.

“Ya, kami harus menunjukkan reaksi. Pastinya 100 persen, itu jelas tapi saya tidak bisa merencanakan reaksi 20 menit setelah pertandingan,” sebut pelatih asal Jerman itu.

“Saya akan memikirkannya, ini bukan pertama kalinya dalam hidup saya saya kalah, sayangnya dalam pertandingan sepak bola. Dan ya, kami akan menunjukkan reaksinya, saya berjanji,” kata Jurgen Klopp.

Sementara, Atalanta berharap dapat menjadikan kemenangan 0-3 di Anfield pekan lalu sebagai modal untuk melanjutkan kebangkitan. 

Kemenangan itu tidak saja memuluskan jalan La Dea ke semifinal Liga Eropa, tetapi juga memutus tren 2 kekalahan beruntun sebelumnya.

Posisi Atalanta di 2 kompetisi domestik (Serie A dan Coppa Italia) masih belum aman. Di Serie A Liga Italia, La Dea masih kejar-kejaran dengan kompetitor lain, terutama Lazio.

“Laga ini (melawan Liverpool) harus menjadi suntikan kepercayaan dirinya (Scamacca). Terkadang dia menghilang. Kali ini, ia terus-menerus selama 90 menit,” ujar Gasperini.

Baca juga : Pamer Skill Masak Rendang

Prediksi Susunan Pemain 

Atalanta (3-4-2-1) : Juan Musso, Berat Djimsiti, Isak Hien, Marten de Roon, Davide Zappacosta, Ederson, Mario Pasalic, Matteo Ruggeri, Teun Koopmeiners, Charles De Ketelaere, Gianluca Scamacca.

Pelatih: Gian Piero Gasperini.

Liverpool (4-3-3) : Alisson Becker, Joe Gomez, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas, Alexis Mac Allister, Wataru Endo, Curtis Jones, Harvey Elliott, Darwin Nunez, Cody Gakpo.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Head To Head Atalanta vs Liverpool

12-04-24 Liverpool vs Atalanta 0-3
26-11-20 Liverpool vs Atalanta 0-2
04-11-20 Atalanta vs Liverpool 0-5

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.