Dark/Light Mode

Melaju Ke Semifinal French Open 2024

Sinner Kudeta Kursi Djoker

Kamis, 6 Juni 2024 06:30 WIB
Jannik Sinner. (Foto: Istimewa)
Jannik Sinner. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis putra Jannik Sinner berhasil mengkudeta kursi Novak Djokovic dari petenis nomor satu dunia. Posisi itu diraih setelah Sinner lolos ke semifinal Grand Slam French Open 2024. Di perempat final kemarin, Sinner mengalahkan Grigor Dimitrov.

Bermain di Lapangan Philippe Chatrier, Roland Garros, petenis Italia itu menang straight set 6-2, 6-4, 7-6(7/3), dan memastikan posisi teratas petenis putra di genggamannya pekan depan.

“Apa yang bisa kukatakan?” kata Sinner, dilansir Kantor Berita 𝘈𝘨𝘦𝘯𝘤𝘦 𝘍𝘳𝘢𝘯𝘤𝘦 𝘗𝘳𝘦𝘴𝘴𝘦 (AFP), kemarin.

Kepastian Sinner menjadi petenis pertama asal Italia yang menduduki peringkat sa­tu dunia dikonfirmasi seiring dengan pengumuman mun­durnya The Djoker-- julukan Novak Djokovic-- dari perempat final French Open karena cedera.

“Jadi nomor satu dunia adalah impian setiap pemain. Tapi, melihat Novak mundur, itu mengecewakan, saya mendo­akan dia cepat pulih,” ujarnya.

Baca juga : Dinda Kirana, Sindir Mantan Yang Pamer Pacar Baru

Sinner sudah tahu akan bi­sa mengambil tempat nomor satu dengan mencapai final di Roland Garros. Sejak awal, juara Grand Slam Australian Open 2024 itu menjalani musim dengan baik. Selama 2024, dia juga memenangi turnamen ber­gengsi lain seperti, Rotterdam dan Miami Open.

Dia bilang, French Open merupakan salah satu turnamen yang dia perjuangkan dalam be­berapa tahun terakhir. Dia sangat senang bisa mencapai semifinal. Baginya, ini adalah momen yang sangat spesial. “Bagi orang-orang yang menonton di Italia. Kita lihat apa yang bisa saya lakukan di semifinal,” ucapnya.

Naiknya Sinner ke puncak peringkat ATP melanjutkan era keemasan tenis putra Italia. Saat ini, Italia memiliki sembilan petenis yang masuk peringkat 100 besar dunia. Meneruskan kesuksesan Sinner dan sebel­umnya Matteo Berrettini, yang menjadi petenis Italia pertama yang mencapai final Grand Slam sejak 1976.

Menurut Sinner, itu sangat baik bagi dunia tenis di Negeri Spaghetti. Dia bilang, Italia adalah negara hebat, dengan pelatih dan pemain hebat. Sekarang kita bisa melihat bagaimana momennya.

“Saya senang menjadi bagian dari gerakan Italia ini,” katanya.

Baca juga : Jokowi Makin Gaspol Di IKN

Rekor menang-kalahnya ta­hun ini kini menjadi 33-2. Dua kekalahannya musim ini terjadi saat melawan Alcaraz di semifi­nal Indian Wells, dan Tsitsipas di empat besar Monte Carlo.

Di pertandingan lain, Carlos Alcaraz mengalahkan Tsitsipas untuk lolos ke semifinal. Petenis Spanyol itu menang straight set 6-3, 7-6 (7/3), 6-4, untuk berjumpa dengan Sinner di babak empat besar. “Senang bisa bermain lagi di semifinal di Roland Garros,” ujar Alcaraz usai bertanding.

Saat ini, dia tengah dalam upaya melengkapi koleksi gelar Grand Slam di berbagai jenis lapangan. Sebelumnya, dia telah merasakan jadi yang terbaik di US Open 2022 yang digelar di lapangan keras, dan Wimbledon 2022 yang digelar di lapangan rumput. Seperti diketahui, French Open digelar di lapangan tanah liat.

Namun, dia terlebih dulu harus menyingkirkan Sinner. Yang memiliki kemampuan sama baiknya di berbagai jenis lapangan. Alcaraz mengakui, duel melawan Sinner akan jadi laga yang sulit.

“Saya pikir saat ini dia adalah pemain terbaik di dunia, pemain yang memainkan tenis terbaik saat ini,” katanya.

Baca juga : Pilih Kang Emil Untuk Jakarta, Gerindra Salip Golkar

Terpisah, Djokovic akhirnya mengumunkan pengunduran dirinya dari perempat final French Open 2024. Seharusnya, The Djoker itu menghadapi Casper Ruud di babak delapan besar. Namun, cedera lutut menu­tup kesempatannya memenangi Grand Slam yang ke 25 sepan­jang karier.

“Sedih mundur dari Roland Garros. Ini keputusan sulit setelah mempertimbangkan dan berkonsultasi dengan cermat,” kata Djokovic.

Petenis asal Serbia itu meragukan kebugarannya setelah ke­menangan lima set, Senin (3/6), atas Francisco Cerundolo di ba­bak 16 besar. Djokovic menyalahkan lapangan yang terlalu licin sebagai penyebab cederanya. Sepanjang duel versus Cerundolo, Djokovic bahkan harus menggunakan obat penahan rasa sakit.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 6 Juni 2024 dengan judul Melaju Ke Semifinal French Open 2024, Sinner Kudeta Kursi Djoker

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.