Dark/Light Mode

Ditarget Kelar Agustus 2024

Kemenhub Kebut Dua Proyek Di IKN

Rabu, 5 Juni 2024 07:35 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (3/6/2024). (Foto: BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (3/6/2024). (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tancap gas menyelesaikan infrastruktur transportasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Ada dua proyek yang dikebut untuk segera diselesaikan, yakni Bandara IKN dan pembangunan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara IKN bisa beroperasi pada 1 Agustus 2024.

Hal ini diungkapkan Menhub saat mengecek progres pembangunan Bandara IKN, di Pena­jam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (3/6/2024).

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi, mengunjungi beberapa titik di proyek Bandara IKN, seperti lokasi landas pacu dan gedung terminal.

Menurutnya, progres pem­bangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana. Progres pembangunan fisik di lapangan sudah mencapai 50 persen.

Baca juga : Gibran Geber Peternakan

“Untuk landas pacu dan ge­dung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini sangat menggembirakan,” tutur BKS dalam keterangan resminya, Selasa (4/6/2024).

Dia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Peruma­han Rakyat (PUPR) dan para pekerja atas kerja kerasnya selama ini.

BKS berharap sinergi ini dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada 1 Agustus 2024.

“Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap operasikan untuk memperingati Hari Ke­merdekaan pada 17 Agustus nanti,” ungkapnya.

Eks Dirut Angkasa Pura II ini juga berharap, cuaca di kawasan IKN cerah dalam beberapa bulan ke depan, sehingga proyek pem­bangunan bandara bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga : Uji Coba Dulu Di Daerah Sebelum Dibuat Nasional

Untuk diketahui, progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek. Di antaranya, pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding dan elektrikal di Termi­nal VVIP.

Lalu, pekerjaan kolom, insta­lasi pipa plumbing dan rangka baja di Terminal VIP, pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC.

Berikutnya, pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional, pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK, serta pekerjaan struktur atas gedung substation.

Aspek lainnya, pekerjaan struktur atas gedung periba­datan, pekerjaan struktur lab karantina, pekerjaan minipile bangunan power house, peker­jaan cut & fill.

Juga, galian U-ditch, geo­textile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung dan Jalan Perimeter Barat; pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STP dan pekerjaan fondasi rumah dinas.

Baca juga : Kaesang: Tunggu Agustus!

Bandara IKN memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektare.

Konsep desain terminal bandara ini akan memadukan unsur kearifan lokal yang me­nonjolkan budaya Kalimantan dan berorientasi ramah ling­kungan.

Terkait pembangunan ART, uji coba dapat dilakukan pada Agustus 2024, seiring telah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.