Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2024

Skuad Timnas Siap Lawan 3 Raksasa Asia

Minggu, 16 Juni 2024 05:29 WIB
Para pemain Timnas Indonesia. (Foto : ist)
Para pemain Timnas Indonesia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) tidak gentar jika Indonesia harus berhadapan dengan Korea Selatan (Korsel) di ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dia yakin pengalaman selama menjadi pelatih (Korsel) bisa membawa tim Garuda meraih kemenangan.

Diketahui, Timnas Indonesia berpotensi menghadapi lawan kuat seperti Korsel, Jepang, Iran, hingga Australia di ronde 3 babak kualifikasi nanti.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah, Indonesia Segrup Bareng Yaman, Timor Leste Dan Maladewa

STY yakin, timnya mampu tampil kompetitif, terutama ketika bertemu eks tim besutannya, Korsel. Sebab, dia bisa dengan mudah menganalisa permainan mereka, karena memang pernah punya pengalaman melatih timnas negaranya itu.

“Kami pasti akan menghadapi salah satu dari Korsel, Jepang, Iran. Di Korsel ada banyak mantan pemain yang kelebihan dan kekurangannya saya ketahui. Saya pikir menghadapi Korsel akan lebih baik dibanding jumpa tim lainnya,” kata STY seperti dikutip dari Kantor Berita 𝘠𝘰𝘯𝘩𝘢𝘱, Sabtu (15/6/2024).

“Jika Korsel (Shin Tae-yong) bertemu Korsel dalam grup yang sama, maka pertandingannya akan mendapat perhatian lebih,” tambahnya.

Baca juga : Garuda Tidak Gentar Lawan Raja-raja Asia

Adapun STY saat ini sedang pulang kampung dan sudah tiba di Korsel sejak, Jumat (14/6/2024). Yonhap melaporkan sang pelatih akan meninggalkan Korsel untuk undian ronde 3 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni mendatang.

Mengenai peluang Indonesia di ronde 3, STY memilih realistis. Sebab, Timnas Indonesia merupakan salah satu tim terlemah secara ranking FIFA karena cuma unggul di atas Kuwait.

“Setelah undian, jika kami mendapat sekitar tiga lawan yang kuat, maka kami akan mengincar posisi 3-4. Lalu kami bisa berjuang di ronde 4. Bahkan kami sudah memikirkan laga playoff,” tutur STY.

Baca juga : Satu-satunya Wakil ASEAN, Ini 17 Tim Pesaing Indonesia Menuju Piala Dunia

“Faktanya, ranking Indonesia adalah yang terendah dibanding 18 tim peserta (ronde 3). Untuk bisa ke Piala Dunia, kami harus mengharapkan keberuntungan,” ucapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.