Dark/Light Mode

Lolos Ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Garuda Tidak Gentar Lawan Raja-raja Asia

Kamis, 13 Juni 2024 06:40 WIB
Pemain Timnas merayakan kemenangan.  (Foto: PSSI)
Pemain Timnas merayakan kemenangan. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah sukses lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia memiliki ke­percayaan tinggi. Tim Garuda optimistis bisa menghadapi lawan-lawan kuat di babak tersebut.

Sebanyak 18 tim Asia me­mastikan lolos ke putaran ketiga, termasuk Indonesia yang me­wakili Grup F bersama Irak. Tim asuhan Shin Tae-yong (STY) ini dipastikan bakal satu grup dengan para raja Asia.

Undian putaran ketiga akan dilangsungkan pada 27 Juni mendatang di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. Berada di pot enam undian, tim Garuda menghadapi calon lawan di antaranya Jepang, Korea Selatan, Iran, Australia, Qatar, dan Arab Saudi.

Enam tim tersebut berada di pot satu dan dua. Indonesia dipastikan berjumpa dengan dua tim masing-masing dari dua pot tersebut.

Andaikan gagal menjadi juara dan runner up grup, Indonesia masih memiliki kesempatan lolos apabila menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat. Pasalnya, dua po­sisi itu akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk mem­perebutkan dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket playoff.

Baca juga : Alwi Dan Ester Melenggang, Ganda Campuran Gatot

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam menegaskan, timnya tidak takut menghadapi siapa pun lawannya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Termasuk menghadapi Korea Selatan atau Jepang.

Hal itu disampaikan Asnawi usai mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke putaran mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (12/6/2024) malam. Kemenangan ini memastikan skuad Garuda lolos ke babak berikutnya menemani Irak.

Asnawi mengatakan, dalam fase selanjutnya Indonesia pasti akan berjumpa lawan-lawan berkualitas. Namun, dia pastikan timnya akan berusaha tampil apik siapapun lawannya.

“Kalau memang (jumpa) Korea Selatan, Jepang, sangat kuat, tapi kami punya juga kuali­tas pemain yang cukup baik saat ini dan mungkin akan bertambah lagi,” kata Asnawi.

Pemain Port FC itu men­gatakan, timnya harus percaya diri untuk fase selanjutnya.

Baca juga : Welcome Duta Bangsa Warga AS Dan Indonesia

Dia menuturkan dalam sepak bola segala kemungkinan bisa terjadi. “Harus optimistis, kare­na kami banyak pemain yang akan datang nantinya, akan sal­ing berganti,” katanya.

Asnawi mengatakan, timnya akan menyiapkan diri dengan cukup matang. Dia menilai, masih banyak waktu untuk membangun kekuatan Timnas Indonesia. “Semua akan diper­siapkan di bulan September,” ujarnya.

Hal sama juga ditegaskan Calvin Verdonk menanggapi calon lawan Indonesia di putaran ketiga. Dia tidak takut Indonesia akan menghadapi lawan kuat. Namun, skuad Garuda butuh keberuntungan soal undian di babak berikutnya jika ingin me­langkah lebih jauh ke turnamen sepak bola terakbar di dunia itu.

Kendati demikian, Verdonk, yang baru menjalani debut ber­sama Indonesia, optimistis den­gan peluang tim asuhan STY ini di babak ketiga.

Bek kiri NEC Nijmegen itu tak gentar jika timnya harus melawan tim kuat sekalipun.

Baca juga : SYL Ketahuan Beli Aset Pinjam Nama Saudaranya

“Ya kita harus melihat siapa yang akan dilawan nanti (di babak ketiga). Akan tetapi, saya percaya diri, kita lihat saja,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 13 Juni 2024 dengan judul Lolos Ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Garuda Tidak Gentar Lawan Raja-raja Asia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.