Dark/Light Mode

Soal Event Olahraga Terimbas Corona, Menpora Serahkan ke Induk Organisasi Cabor

Jumat, 13 Maret 2020 19:46 WIB
Menpora Zainudin Amali dan para pengurus induk cabor olahraga. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali dan para pengurus induk cabor olahraga. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyusul adanya pengumuman Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait wabah virus corona atau Covid-19 sebagai pandemi global, Menpora Zainudin Amali langsung melakukan pertemuan dengan stakeholder olahraga, di Kantor Kemenpora, Jumat (13/3) sore.

Pertemuan membahas kelanjutan kompetisi dan event olahraga tertentu pasca pemberlakuan virus corona oleh WHO sebagai pandemi global. Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain perwakilan dari Kemenkes, KONI, NOC, FORMI, PSSI, PBVSI, PERBASI, LIB, Proliga dan IBL.

"Pernyataan dari WHO sebagaimana yang sudah diberitakan, tentu kita tidak mengacuhkan atau cuek, tapi kita serius. Tapi di tengah-tengah keseriusan kita, kita tetap tidak boleh panik. Karena saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran dengan tetap berolahraga," kata Menpora.

Baca juga : Istri Tes Corona, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau Isolasi Diri

Soal kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan di serahkan kepada induk organisasi masing-masing, Amali menyerahkan masing-masing pimpinan cabor.

"Terutama yang ada kompetisi profesionalnya sudah mendengarkan informasi dan pandangan dari Kementerian Kesehatan dan saya kira ini menjadi rujukan kebijakan di masing-masing induk organisasi olahraga," ujarnya.

Namun, lanjutnya, demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora menghimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak, disarankan untuk memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan secara sungguh-sungguh.

Baca juga : Setelah Larang Warga Asing, Kini Arab Saudi Tak Izinkan Warganya Umroh

"Kegiatan-kegiatan olahraga yang dilangsungkan dan melibatkan banyak orang harus memperhatikan situasi dan kondisi di tempat penyelenggaraan dengan sungguh-sungguh," jelasnya.

Masih katanya, kebijakan tentang keberlangsungan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik itu yang di dalam negeri maupun di luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing.

"Segala kegiatan olahraga baik yang ada dalam negeri maupun di luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona tersebut di tanah air," tuturnya.

Baca juga : Ada Corona, Kemenperin Diskon Bea Masuk Bahan Baku Industri

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, Kementerian Kesehatan dan Kemenpora bersama dengan stakeholder olahraga akan segera merumuskan protokol tentang penanganan virus corona khususnya dilingkungan kegiatan keolahragaan.

Apa yang kita lakukan ini sebagai tanda bahwa kita bersama-sama masyarakat olahraga sangat memperhatikan apa yang menjadi pernyataan dari WHO sebagai mana yang kita ketahui. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.