Dark/Light Mode

Formula One Baru Bisa Digelar Juni

Minggu, 15 Maret 2020 13:08 WIB
Ajang Formula one. (Foto : istimewa)
Ajang Formula one. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kompetisi balapan Formula 1 musim 2020 terindikasi dimulai pada Juni mendatang dengan GP Azerbaijan sebagai seri pembuka. Seharusnya F1 musim 2020 dimulai dengan balapan GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne pada Minggu (15/3).

Tapi menyusul kekhawatiran soal penyebaran virus corona, akhirnya dibatalkan. Satu personel tim McLaren positif terjangkit virus bernama Covid-19 itu dalam tes yang dilakukan menjelang akhir pekan balapan.

Baca juga : Formula E di Monas Resmi Ditunda

 Pembatalan GP Australia diguga kuat akan berimbas ke penundaan GP Bahrain (22/3/2020) dan GP Vietnam (5/4/2020). Hal tersebut didasarkan pada sejumlah tim F1 menyatakan tak akan ikut serta pada GP Bahrain, serta diberlakukannya pembatasan perjalanan pemerintah Vietnam.

CEO F1, Chase Carey mengatakan, F1 tengah bersiap menghadapi diskusi alot soal langkah selanjutnya menyusul pembatalan GP Australia.

Baca juga : Corona Bisa Picu Resesi

“Saat ini fokus kami adalah menghadapi isu soal jadwal balapan. Mencoba membuat prediksi dalam kondisi demikian sangat sulit,” kata Chase Carey, dikutip BolaSport.com.

Carey menjanjikan kejelasan da- lam beberapa hari ke depan. Selain pembatalan GP Australia, F1 juga menghadapi tantangan lain. Memburuknya wabah virus corona di Benua Eropa mengancam kelangsungan GP Be- landa (3/5/2020), GP Spanyol (10/5/2020), dan GP Monaco (24/5/2020).

Baca juga : Impor Truk Bekas Dilarang

Dengan demikian, ada kemungkinan Formula 1 baru bisa dimulai pada Juni mendatang di GP Azerbaijan, tepatnya pada 7 Juni 2020. Sedangkan Carey belum bisa memberi jawaban pasti soal kapan F1 bisa terlaksana.

“Semua ingin mendapat jawaban. Saat ini kami terus mengontak semua orang di seluruh dunia. F1 adalah olahraga global dan kami berhadapan dengan isu yang kompleks, seiring perkembangan situasi,” pungkasnya. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.