Dark/Light Mode

Honda Bikin Rekor Fantastis

Rabu, 18 Maret 2020 12:53 WIB
Keisuki Honda. (Foto : Istimewa)
Keisuki Honda. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keisuke Honda mencetak rekor luar biasa di klub Brazil Botafogo. Sebelum ini, Honda seolah menghilang sejak meninggalkan AC Milan.

Keisuke Honda merupakan pemain Jepang kelahiran 13 Juni 1986 yang kini main di Botafogo. Pemain yang rela dibayar gratis demi bisa berseragam Manchester United itu kini mencetak rekor fantastis.

Honda menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima kontinen (Asia, Eropa, Amerika Utara, Australia dan Amerika Selatan). Hanya tinggal bermain di Afrika untuk menambah rekornya. Honda memperkuat Botafogo sejak bulan Januari setelah sempat bermimpi ingin kembali ke Old Trafford lagi.

Baca juga : Kominfo Diminta Bikin Blueprint Tol Langit

Ia telah mencetak gol saat melawan Bangu Atletico Clube dalam laga imbang 1-1 kemarin pagi WIB. Dia membuat Botafogo unggul menit 29 lewat sepakan penalti. Namun, gol Honda tak cukup untuk membantu Botafogo meraih kemenangan. Sebab, Bangu mampu mencetak gol balasan melalui Rhainer pada menit ke-59 sekaligus membuat laga berakhir dengan skor imbang 1-1.

Gol itu lantas membuatnya resmi memegang rekor di lima kontinen yang jelas sulit dikalahkan pemain top lainnya. Keisuke Honda terus berprestasi sejak tinggalkan AC Milan. Sejak tahun 2002 silam, Honda sudah bermain dan menc- etak gol di Seiryo HS, Nagoya Grampus (Asia), VVV-Venlo, CSKA Moscow dan AC Milan (Eropa), CF Pachuca (Amerika Utara) dan Melbourne Victory (Australia).

Ia memang pernah mencetak gol di Piala Dunia Afrika tahun 2010, namun tidak masuk hitungan karena bermain untuk Timnas, bukan klub. Total Honda sudah bermain di 459 pertandingan dengan menghasilkan 99 gol dan 80 assist.

Baca juga : Corona Bisa Picu Resesi

Pemain Botafogo Rio de Janeiro itu bergabung ke klub tersebut pada 31 Januari 2020 dan kontraknya akan habis pada 31 Desember 2020. Ia sudah pernah memperkuat Timnas Jepang dengan menghasilkan tak kurang dari 38 gol. Memperkuat tim Samurai Biru pada Piala Dunia 2010, Piala Dunia 2014 dan Piala Dunia 2018.

Ia menjadi pemain terbaik juga di gelaran Piala Asia 2011 silam. Di Indonesia, nama Honda sempat kembali mencuat saat dikabarkan hendak merapat ke Persija awal musim ini. Sayang niat Persija mundur teratur setelah Honda mengajukan sejumlah syarat.

Menurut Direktur Olahraga Persija Jakarta Ferry Paulus, pihaknya tidak bisa memenuhinya dan memutuskan untuk beralih ke pemain lain. “Beberapa waktu lalu, kami memburu sejumlah pemain, termasuk Honda. Tapi, tidak bisa kami penuhi karena ada permintaan poin-poin dalam klausul kontrak yang tidak dapat kami penuhi,” ujar Ferry Paulus seperti dilansir dari Bola.com beberapa waktu lalu. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.