Dark/Light Mode

Brondong Italia Sumringah Piala Eropa Ditunda

Selasa, 24 Maret 2020 06:37 WIB
Domenico Berardi. (Foto : Istimewa)
Domenico Berardi. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada hikmah buat Timnas Italia di balik penundaan Euro 2020 selama setahun. Roberto Mancini bisa lebih fokus mempersiapkan skuadnya, terutama para pemain mudanya.

Euro yang sejatinya dihelat pada 11 Juni hingga 11 Juli akhirnya harus digeser menjadi tahun 2021, masih di tanggal yang sama. Ini karena pandemi virus corona yang membuat banyak kompetisi sepakbola di Eropa terhenti.

Maka bukan waktu yang tepat jika Euro tetap dihelat tahun ini ketika liga-liga molor karena penundaan. Dengan diundur tahun depan, maka para operator kompetisi bisa fokus menuntaskan musimnya tanpa harus memikirkan Piala Eropa.

Baca juga : Cegah Penyebaran Covid-19, MUI Minta Peringatan Isra Mi`raj Ditunda

Selain buat klub-klub, penundaan ini juga dirasa jadi win- win solution untuk Timnas Italia. Mancini selaku pelatih mengaku punya waktu lebih banyak untuk mematangkan skuatnya terutama para pemain muda yang selama ini jadi andalannya.

Salah satunya adalah Nicolo Zaniolo yang bisa menyelesaikan proses pemulihan cedera ligamen lutut sehingga saat dipanggil ke Gli Azzurri, pemain AS Roma itu dalam kondisi siap tempur. Selain itu, Mancini juga bisa memberikan waktu para striker andalannya, seperti Andrea Belotti, menemukan kembali performanya.

“Tentu saja (penundaan Piala Eropa ada hikmahnya), karena sangat penting kepulihan pemain dengan karakter unik seperti Nicolo Zaniolo dan para pemain muda di skuat ini bisa lebih matang musim panas tahun depan,” ujar Mancini.

Baca juga : Jadwal Piala Eropa 2020 Masih Belum Jelas

“Jika pemain seperti Federico Chiesa ingin pindah ke klub yang lebih besar dan bermain di kompetisi internasional, itu akan mempercepat proses pematangannya. Seperti yang saya katakan ke ayahnya, bahwa Federico harus bermain dengan antusiasme tinggi.

Pemain lain seperti Domenico Berardi sudah menjadi bintang berkat kemampuannya, tapi dia masih 25 tahun dan masa depannya cerah,” sambungnya.

Mancini berharap putaran final Euro nanti akan lebih tinggi levelnya, kualitasnya luar biasa. Italia pun akan mencoba memenangi turnamen besar ini.

Baca juga : Seri A Ditunda, Italia Minta Jadwal Piala Eropa Mundur

“Saya tidak sabar menyanyikan lagu kebangsaan di depan bench Italia. Setelah apa yang negara ini lalui, sensasinya pasti luar biasa,” tutupnya.  [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.