Dark/Light Mode

Berhentinya Kompetisi Liga Belgia Bakal Menular ke Seri A

Jumat, 3 April 2020 05:49 WIB
Club Brugge dinyatakan juara Liga Belgia. (Foto : Istimewa)
Club Brugge dinyatakan juara Liga Belgia. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar mengejutkan datang dari Liga Belgia. Klub Liga Belgia sepakat menghentikan kompetisi akibat wabah Covid-19. Club Brugge dinyatakan juara. Liga-liga lain di Eropa bakal mencontoh apa yang dilakukan Belgia.

Diumumkan dalam laman resmi Liga Belgia, klasemen saat ini dianggap sebagai hasil final musim 2019/20.  Brugge saat ini bercokol di puncak klasemen dengan raihan 70 poin dan unggul 15 poin dari KAA Gent di posisi kedua.

Keputusan penghentian Liga Belgia selanjutnya akan diresmikan secara penuh melalui pertemuan 24 tim peserta dua kasta tertinggi, tetapi 17 di antaranya sudah menyuarakan agar musim dihentikan.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Salurkan Bantuan APD Melalui ILUNI FIK

Liga Belgia juga membentuk gugus tugas untuk membuat keputusan terperinci mengenai promosi dan degradasi serta mereka yang berhak ke kompetisi antarklub Eropa.

Gent yang berada di posisi kedua tentunya berharap bisa mendampingi Brugge ke Liga Champions, sementara tiga jatah tiket Liga Europa tersedia untuk klub-klub Belgia.

Keputusan Liga Belgia cukup mengejutkan mengingat sehari sebelumnya UEFA mengelurkan rekomendasi agar liga-liga anggota merampungkan kompetisi musim berjalan, pun jika harus dimainkan hingga Agustus.

Baca juga : Kane Diuntungkan Kompetisi Liga Inggris Berhenti

Berita ini diprediksi akan merembet ke liga-liga lain di Eropa, termasuk di Liga Seri A Italia. Banyak klub yang berharap FIGC menghentikan kompetisi.

Bahkan, Presiden Brescia Massimo Cellino mengancam bakal mundur jika Liga Italia melanjutkan Serie A musim 2019/20, yang saat ini tengah ditangguhkan karena pandemi virus corona.

Pernyataan itu datang dari Cellino, yang timnya saat ini menjadi juru kunci klasemen dan butuh setidaknya 10 poin untuk bisa lolos dari ancaman degradasi. "Musim ini sudah tidak masuk akal," kata Cellino dalam wawancara dengan Gazzetta dello Sport dilansir Reuters, Kamis malam.

Baca juga : Kebanjiran, RS Pertamina Jaya Sigap Pindahkan Pasien Cuci Darah ke RSPP

"Kami sudah berhenti dan tak satu pun tim akan kembali dalam keadaan sedia kala, pertandingan akan dimainkan tanpa penonton dan masih ada ancaman membayangi kesehatan para atlet. Untuk kembali adalah sebuah kegilaan," ujarnya menambahkan. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.