Dark/Light Mode

Bantu Petenis Peringkat Bawah, Djokovic dan Federer Mau Nyawer Rp 66 Miliar

Minggu, 19 April 2020 06:03 WIB
Novak Djokovic (kanan) dan Roger Federer. (Foto : Istimewa)
Novak Djokovic (kanan) dan Roger Federer. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tidak hanya menghentikan berbagai turnamen, pendemi Covid-19 berdampak kepada pendapatan petenis rangking level bawah. Duo petenis dunia Novak Djokovic dan Roger Federer bernait membantu petenis-petenis peringkat bawah sebesar Rp 66 Miliar.

"Saya berbicara dengan Roger dan Rafa beberapa hari yang lalu dan kami berbicara tentang masa depan tenis. Bagaimana kami dapat berkontribusi untuk membantu orang-orang berperingkat rendah yang jelas-jelas berjuang paling keras," kata Djokovic dilansir Reuters pada Minggu (19/4).

"Mayoritas pemain yang memiliki peringkat antara 250 hingga 700 atau 1.000 tidak memiliki dukungan federasi atau sponsor dan independen dan dibiarkan sendirin," tambah Djokivic.

Baca juga : Bamsoet Sebar Perlengkapan Lawan Corona dan Rapid Test di Dapil Jawa Tengah VII

Turnamen tenis dihentikan pada awal Maret karena pandemi Covid-19. Akibatnya petenis di tingkat yang rendah yang hanya bergantung pada kemenangan turnamen tidak punya kesempatan untuk mencari nafkah.

Nasib para pemain yang berada di luar 100 besar tunggal juga mendorong para pemangku kepentingan permainan - ATP, WTA, ITF dan penyelenggara empat Grand Slam - untuk menyusun rencana untuk memberikan bantuan.

“Para pemain semoga jug bis berkontribusi secara kolektif pada dana bantuan yang ATP dan akan distribusikan menggunakan model dan kriteria tertentu,” tambah Djokovic.

Baca juga : ICC ditunda, Barca dan El Real Kehilangan Rp 311 Miliar

"Mudah-mudahan antara 3-4,5 juta (sekitar Rp 46 miliar sampai Rp 66 Miliar) akan dibagikan kepada pemain yang berperingkat lebih rendah," katanya.

Djokovic, juara Grand Slam 17 kali itu  mengatakan solusi jangka pendek lainnya dapat mencakup mengalihkan uang bonus yang dimaksudkan untuk pemain top dari acara akhir musim seperti ATP Finals ke dalam dana bantuan.

"Jika kita tidak memiliki acara (pada tahun 2020), mungkin hadiah Australia Terbuka tahun depan dapat dikontribusikan ke dana tersebut," tambah petenis asal Serbia itu. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.