Dark/Light Mode

Ketum PSSI: Publik Indonesia Menanti Kedatangan Shin Tae-yong

Sabtu, 27 Juni 2020 19:23 WIB
Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Shin Tae Yong (kanan) beberapa waktu yang lalu. (Foto: Antara)
Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Shin Tae Yong (kanan) beberapa waktu yang lalu. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Publik Indonesia sangat menantikan kehadiran Shin Tae Yong kembali ke tanah air untuk dapat melatih tim nasional. Para pencinta sepak bola Indonesia sangat menyayangi Shin, sebagai pelatih dengan rekam jejak ekselen dari sesama negara Asia yang punya tekad kuat memajukan sepak bola Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam percakapan melalui konferensi virtual dengan pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae Yong, Jumat (26/6).

“Saya tahu Shin Tae Yong pelatih profesional dan hebat. Kualitasnya sangat baik. Karena itu, kami sangat menunggu kedatangan Shin kembali ke tanah air,” kata Iriawan.

Baca juga : Demokrat Sesalkan Kedatangan 156 TKA China di Kendari

Lebih jauh, pria yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ itu menegaskan keinginannya untuk berkomunikasi dengan Shin secara kekeluargaan. menganggap Anda sebagai adik saya. Usia saya 58 tahun, Shin Tae Yong 52 tahun. Sudah seperti adik dalam keluarga saya, karena itu mari berkomunikasi sebagai keluarga,” kata Iriawan.

Lebih jauh, Ketua Umum PSSI memaparkan alasan mengapa timnas Indonesia tak bisa memenuhi permintaan Shin Tae Yong untuk menggelar pemusatan latihan atau training camp (TC) di Korsel.

“Pertama, karena Timnas U-19 yang akan dipersiapkan ke Piala Dunia U-20 2021 masih dalam proses seleksi. Tentu tidak efektif membawa rombongan sebanyak itu ke luar negeri,” papar Iriawan.

Baca juga : Indonesia Pasok Kebutuhan Pangan Ajang Olahraga Dunia

Kedua, sesuai kontrak, Shin dipercaya menangani tiga level timnas yakni U-19, U-23 dan timnas senior. “Tidak mungkin membawa semua level timnas ke Korsel. Sementara dalam waktu bersamaan, Timnas U-19 dan Timnas Senior memiliki prioritas sama pentingnya,” jelas Iriawan.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-19 bersiap mengikuti Piala AFC U-19 di Uzbekistan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2021. Pada saat yang sama, Timnas Senior harus segera berkonsentrasi menghadapi tiga laga lanjutan Pra Piala Dunia untuk memperbaiki peringkat Indonesia di ranking FIFA.

“Jika yang berangkat hanya Timnas U-19, maka Timnas Senior yang bersiap untuk Pra Piala Dunia dan Piala AFF tidak akan tertangani,” urainya.

Baca juga : Pandemi Melandai, Langsung Take Off

Lain halnya jika TC berlangsung di Indonesia, maka semua level timnas akan dapat ditangani dengan baik. Demikian pula jika alasannya terkait Pandemi Covid-19, PSSI bisa mencarikan tempat yang aman, sebagaimana Timnas U-16 mulai berlatih dengan protokol kesehatan ketat pada awal Juli mendatang.

Dalam pembicaraan ini, Shin Tae Yong menekankan, dirinya tak ada maksud berpolemik dengan PSSI. “Saya memiliki keinginan besar untuk memajukan sepak bola Indonesia. Saya pun patuh dan taat kepada Ketua Umum PSSI untuk melakukan berbagai hal demi peningkatan prestasi sepak bola Indonesia,” terangnya.[WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.