Dark/Light Mode

Beri Bantuan Lawan Covid-19

Australia Sebut Indonesia Tetangga dan Mitra Jangka Panjang

Selasa, 16 Juni 2020 22:53 WIB
Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan
Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan

RM.id  Rakyat Merdeka - Australia bersama Badan Kesehatan Dunia (WHO) bekerja sama membantu Indonesia menanggapi pandemi Covid-19. Australia akan memberikan 6,2 juta dolar Australia (Rp 61 miliar) kepada WHO untuk mendukung upaya respons dan pemulihan di Indonesia.

Dengan dana ini, WHO dan Indonesia akan bekerja sama untuk memperkuat laboratorium Indonesia sehingga meningkatkan cara mengumpulkan dan menggunakan informasi kesehatan serta membantu melindungi pasien dan petugas kesehatan di fasilitas kesehatan.

Baca juga : Lawan Covid-19, Presiden Zimbabwe Pimpin Doa dan Puasa Nasional

“Sebagai tetangga dan mitra jangka panjang, Indonesia dan Australia berada dalam posisi yang baik untuk mengatasi tantangan-tantangan ini bersama-sama,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan dalam rilis resmi Kedutaan Besar Australia, Selasa (16/6). 

"Mendukung upaya keamanan kesehatan kritis langsung Indonesia, dalam kemitraan dengan WHO, adalah hal mendasar untuk memastikan pemulihan kawasan kami," tandasnya.

Baca juga : Putin: AS Kacau Balau, Rusia Lebih Baik

“Selama dua tahun ke depan, WHO akan terus bekerja dengan pemerintah Indonesia untuk mencapai perbaikan kebijakan dan prosedur nasional untuk dapat lebih baik menanggapi keadaan darurat kesehatan masyarakat,” sambung Perwakilan WHO untuk Indonesia N. Paranietharan.

Dengan dukungan dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia, WHO dapat memastikan dukungan penting diberikan terhadap kesiapan sistem kesehatan. Termasuk meningkatkan pengawasan nasional dan sistem deteksi kasus, dan memperkuat kegiatan pencegahan dan pengendalian infeksi.

Baca juga : Pariwisata Indonesia Buntung, Singapura dan Vietnam Untung

”Dampak penuh Covid-19 masih berlangsung secara global dan kemungkinan akan terasa untuk waktu yang lama. Australia dan WHO terus bermitra dengan Indonesia untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan kesehatan dan kemanusiaan untuk mengurangi dampak Covid-19 pada masyarakat dan melindungi yang paling rentan," tandasnya. [DAY]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.