Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

TC Timnas U-16 Indonesia Dilengkapi Alat Canggih Sports Science Dari Australia

Rabu, 9 Desember 2020 12:01 WIB
TC Timnas U-16 Indonesia Dilengkapi Alat Canggih Sports Science Dari Australia

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Nasional Indonesia U-16 yang saat ini sedang menjalani pemusatan latihan di Yogyakarta, dari tanggal 6 Desember 2020, juga menggunakan sport science sebagai bagian dari persiapan menuju Piala Asia U-16 dalam pemusatan latihannya. Diantaranya adalah test fisik dari pemain.

Pelatih kepala tim, Bima Sakti Tukiman mengatakan test ini untuk mengetahui kondisi fisik dari para pemainnya. “Dengan test ini saya dan tim pelatih jadi mengetahui sejauh mana kondisi fisik pemain, dan saya harapkan nanti hasilnya semua baik, pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test fisik ini,” jelas Bima, Selasa (8/12).

Baca juga : TC Timnas Indonesia U-16 Di Sleman, Bima Sakti Panggil 26 Pemain

Ada beberapa komponen test yang dilakukan yaitu, Tes komposisi tubuh (persentase lemak tubuh, massa otot, dll), Tes kekuatan eksentrik otot hamstring (nordbord test), Tes power + vertical jump dengan force plate, Tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, 3D Movement analysis dengan humantrack system.

Menurut Bima, test ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera dan melihat kekurangan pemain sepakbola dari segi strength, postural, movement, power. “Sehingga nantinya bisa mempermudah fisioterapis dan pelatih fisik untuk membuat program pencegahan cedera serta peningkatan kemampuan dari si pemain itu sendiri,” ujarnya.

Baca juga : Pasca Pandemi, Korporasi Indonesia Gandeng Startups Singapura

Test ini sendiri dilakukan oleh team ahli KINETICX dari Surabaya yang bekerjasama dengan VALD PERFORMANCE yang merupakan sport science technology dari Australia. “Terima kasih kepada PSSI, KINETICX, dan VALD PERFORMANCE dimana mereka sudah membantu tim kami,” ungkap Bima.

Pemusatan latihan Timnas U-16 ini akan berlangsung hingga tanggal 23 Desember 2020. Test fisik ini juga merupakan rangkaian dari pemusatan latihan yang dilakukan dalam mempersiapkan skuad Garuda Asia jelang putaran final Piala AFC U-16 yang rencananya akan berlangsung di Bahrain awal tahun 2021 mendatang.

Baca juga : Tips Sandiaga Uno Agar Indonesia Bangkit Dari Resesi

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini dan tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan Cina. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.