Dark/Light Mode

Kalahkan PS Tira Persikabo

Babak Kedua, Shin Tae-yong Sempat Ganti Formasi Timnas U-22

Sabtu, 6 Maret 2021 07:34 WIB
Pertandingan Timnas Indonesia U-22 Tira Persikabo di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jumat (5/3). (Foto: PSSI)
Pertandingan Timnas Indonesia U-22 Tira Persikabo di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jumat (5/3). (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia U-22 berhasil menaklukkan  Tira Persikabo dengan skor 2-0 dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (5/3).

Dua gol kemenangan Timnas U-23 disumbangkan oleh Kadek Agung (46') dan M Rafli (48'). Di menit-menit awal Garuda Muda justru tampil tertekan. Mereka tampak masih membiasakan diri dengan lapangan setelah lama tak bertanding.

Tira Persikabo sempat mendominasi di 10 menit pertama lewat peluang dari Izmy Hatuwe dan Wawan Febriyanto. Menit 23, Persikabo hampir saja membuka keunggulan.

Kesalahan Rachmat Irianto dimanfaatkan oleh Ahmad Nufiandani untuk menusuk ke kotak penalti Timnas U-22. Sayang, peluang itu gagal diubah menjadi gol. Sepakannya masih menyamping di sisi kanan gawang sepanjang 30 menit pertama terlihat para penggawa Timnas U-22 masih kesulitan membangun serangan.

Berita Terkait : Polri : Laga Uji Coba Timnas U-22 Ditunda

Pemain terlihat ragu dalam mengambil keputusan ketika masuk wilayah pertahanan lawan. Persikabo kembali membuat Riyandi harus jatuh bangun dalam menyelamatkan gawangnya.

Kali ini di menit 31. Roni Sugeng melepaskan tembakan jarak jauh yang mengarah ke gawang. Tapi, Riyandi dengan sigap menepis bola. Sepanjang 30 menit pertama terlihat para penggawa Timnas U-22 masih kesulitan membangun permainan.

Pemain terlihat ragu dalam mengambil keputusan ketika masuk wilayah pertahanan lawan. Persikabo kembali membuat Riyandi harus jatuh bangun dalam menyelamatkan gawangnya.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong melakukan perubahan dengan memasukkan M Rafli menggantikan Dendy Sulistyawan. Pergantian ini pun langsung berbuah hasil setelah Rafli menggandakan keunggulan Timnas U-23 pada menit ke-48 setelah memanfaatkan umpan yang dilepaskan Kushedya Hari Yudo.

Berita Terkait : Jelang 2 Laga Uji Coba, Ini Pesan Shin Tae-Yong Pada Timnas

Masuknya Rafli membuat daya gedor Timnas U-23 semakin bertenaga. Kombinasinya dengan Kushedya cukup merepotkan lini pertahanan Tira Persikabo Timnas U-23 yang sudah unggul dua gol terus berupaya mencari gol ketiga.

Peluang emas sempat didapat Rizky Pellu di menit ke-66. Namun, Pellu yang tinggal berhadapan dengan kiper Tira Persikabo gagal menceploskan bola ke gawang. Hingga wasit M Adung meniup peluit panjang, skor 2-0 untuk Timnas U-23 tidak berubah.

Hasil ini tentu jadi modal berharga untuk Rachmat Irianto dkk. di laga berikutnya. Pada Minggu (7/3/2021), Timnas U-23 akan meladeni jawara Liga 1 2019, Bali United, di tempat yang sama. [WUR]

Ini susunan pemain Timnas Indonesia U-22: 

Berita Terkait : Kushedya Hari Yudo: Terus Berjuang Buat Timnas Indonesia Di SEA Games 2021

Muhammad Riyandi (PG); Rifad Marasabessy, Muhammad Ridho, Rachmat Irianto, Pratama Arhan, Kadek Agung, Hanif Sjahbandi, Feby Eka Putra, Adam Alis, Dendy Sulistyawan, Kushedya Hari.