Dark/Light Mode

Piala Menpora

Berat Di Ongkos, Persipura Absen

Jumat, 12 Maret 2021 06:17 WIB
Para pemain Persipura saat latihan rutin. (Foto : Bola)
Para pemain Persipura saat latihan rutin. (Foto : Bola)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persipura Jayapura memutuskan tidak ikut ambil bagian dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano.

Dia mengatakan, pihaknya ada sedikit kendala komunikasi dengan penyelenggara turnamen Piala Menpora 2021, yakni Organizing Committee (OC) yang juga orang-orang dari LIB. Kini setelah lama ditunggu, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita buka suara.

Menurutnya pada surat yang tertanggal 24 Februari 2021 dan bernomor 004/PT.PP/II/2021, Persipura meminta informasi beberapa hal yang akan dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan keikutsertaan pada Piala Menpora 2021.

Baca juga : Ditjen Perumahan Genjot Medsos

Pertama, menanyakan terkait grouping dan penempatan peserta yang dilakukan dengan metode atau cara seperti apa. Kedua, pencatuman nominal hadiah bagi juara sebagai dasar keterbukaan.

“Bantuan biaya transportasi sebesar Rp 100 juta sangat jauh dari nilai yang akan kami keluarkan sebagai biaya transportasi. Kami pergi dan pulang lokasi home Piala Menpora 2021, biaya yang kami keluarkan untuk perjalanan pergi pulang berkisar Rp 320 juta. Untuk itu, terkait bantuan transportasi kami menawarkan 2 opsi kepada OC, yaitu memenuhi kebutuhan biaya tersebut (Rp 320 juta) atau membelikan tiket serta membayar bagasi kami,” bunyi surat Persipura pada poin ketiga.

Menindaklanjuti surat tersebut, pada 1 Maret 2021, OC memberikan jawaban pada surat yang bernomor 006/LIB-COR/ III/2021 dan menjelaskan bahwa biaya transportasi yang akan diterima Persipura menjadi Rp 150juta.

Baca juga : Berdamai Dengan Penuaan

“Ada pun pertimbangan biaya tersebut disesuaikan dengan memperhatikan faktor geografis klub serta kondisi keuangan panitia pelaksana,” bunyi surat resmi OC pada tanggal tersebut.

Pada tanggal 1 Maret 2021, OC mengirimkan surat kepada semua klub lewat surat yang bernomor 004/LIB-COR/III/2021. Surat itu menjelaskan bahwa pembagian grup semua peserta akan dilakukan secara drawing, namun beberapa hal tetap mempertimbangkan apa yang menjadi masukan dan hasil konsultasi dengan Mabes Polri.

Juga dijelaskan tentang akomodasi sejumlah 17 kamar berikut diinformasikan jumlah hadiah selama turnamen. Dengan demikian, surat bernomor 004/LIB-COR/III/2021 ini menjawab semua pertanyaan Persipura pada surat yang bernomor 004/PT.PP/II/2021.

Baca juga : Perkuat Tim, Persib Bandung Rekrut Ferdinand Sinaga

LIB kemudian menginformasikan bahwa ada jeda empat hari untuk membalas surat dari Persipura tersebut (terhitung tanggal 25-28 Februari) karena harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan PSSI terkait jawaban yang harus diberikan kepada Persipura. Sementara, pada 27-28 Februari adalah hari Sabtu-Minggu yang merupakan hari libur alias tidak beraktivitas normal. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.