Dark/Light Mode

PBSI Tetapkan 87 Atlet Masuk Pelatnas Cipayung

Senin, 29 Maret 2021 20:23 WIB
Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie. (Foto : PBSI)
Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) kembali memanggil 87 atlet untuk memperkuat pelatnas tahun 2021. Tidak banyak perubahan yang signifikan dari nama-nama atlet tersebut dari tahun 2020 silam.

Dua slot atlet Pelatnas yakni Utama dan Pratama juga masih dipertahankan untuk mempersiapkan pemain-pemain muda demi regenerasi yang berkesinambungan.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky mengatakan tahun 2020 tidak banyak turnamen yang digelar karena pandemi. Dia tidak bisa menilai sejauh mana pemain-pemain pelatnas ini berkembang.

Baca juga : AFC Tetapkan UEA Tuan Rumah Grup G Piala Dunia 2022

"Makanya kami memutuskan untuk tidak terlalu mengubah susunan atlet. Untuk Pratama, kami yakin mereka memiliki potensi yang besar jika terus dibina di Pelatnas. Untuk yang Utama kami berharap mereka tetap bisa bersaing di level atas. Itu dasar penilaian kami," tutur Rionny Mainaky di laman resmi PBSI, Senin (29/3).

"Untuk yang tidak dipanggil lagi, ada beberapa pertimbangan yang diambil. Seperti ketidakmampuan bersaing hingga attitude di pelatnas," lanjut Rionny.

Menyangkut pemanggilan atlet yang baru dilakukan kali ini, menurut Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno, semua itu karena dampak dari pandemi Covid-19.

Baca juga : Erick Pamer Cupang

Di tengah pandemi yang belum mereda, pihaknya tidak mudah untuk mengumpulkan para pemain untuk bergabung bersama di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur. Untuk mengumpulkan pemain ke pelatnas, dijelaskan oleh Edi, tidak semudah seperti kondisi normal. Semua perlu mendapatkan persetujuan dan arahan dari Kemenpora RI dan Satuan Tugas Gugus Penanggulangan Covid-19.

"Karena pandemi Covid-19 yang belum mereda di Tanah Air, juga berdampak ke pemanggilan pemain. PP PBSI baru bisa memanggil para pemain untuk berkumpul di Pelatnas Cipayung setelah mendapat persetujuan dari Kemenpora dan Satuan Tugas Gugus Penanggulangan Covid-19," tutur Edi.

Selain pemain, PP PBSI juga memanggil 25 pelatih yang terdiri dari 20 pelatih teknik dan 5 pelatih fisik. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.