Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Basuki Libatkan Ahli Geoteknik Untuk Perbaiki Bendungan Cipancuh

Jumat, 12 Februari 2021 13:58 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat melakukan pengecekan Bendungan Cipancuh di Gantar, Indramayu Rabu (10/2).
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat melakukan pengecekan Bendungan Cipancuh di Gantar, Indramayu Rabu (10/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menggandeng Ahli Geoteknik untuk perbaiki kerusakan bendungan Cipancuh, yang amblas akibat curah hujan yang tinggi.

“Saya instruksikan Ahli Geoteknik untuk segera memberikan desain penanganan darurat bendungan yang tanggul luarnya amblas,” pinta Basuki saat melakukan pengecekan Bendungan Cipancuh di Gantar, Indramayu Rabu (10/2). 

Basuki menjelaskan, waduk ini dibuat sejak zaman Belanda, sekitar tahun 1927. Waduk ini juga sudah direhabilitasi 10 tahun yang lalu.  

Baca juga : Ini Saran Ahli Pilih Suplemen Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

“Saya minta agar segera ditangani. Ini kondisi mendesak karena menyangkut ratusan ribu nyawa di hilir bendungan,” ujar Basuki. 

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Jarot Widyoko mengatakan, penanganan bendungan juga  melibatkan BUMN Karya yakni PT Wijaya Karya untuk membantu pelaksanaan perbaikan Bendungan Cipancuh. 

Baca juga : Menteri Tjahjo Resmikan Mal Pelayanan Publik Ke-35 Di Indonesia

“Wika sebagai BUMN yang sedang mengerjakan proyek terdekat (Bendungan Sadawarna dan Bendungan Cipanas) sebagai pelaksana,” ujar Jarot. 

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Ditjen SDA Kementerian PUPR, Anang Muchlis mengaku, telah mengambil langkah-langkah darurat dengan membuka pintu intake irigasi dan dibantu 3 pompa banjir dari BBWS Citarum dan 1 pompa dari BBWS Cimanuk. 

Baca juga : Menaker Dorong Pelatihan Vokasi Untuk Peningkatan Kompetensi SDM

“Kami juga sudah memobilisasi 2 excavator, 8 Dump Truck, mobilisasi bronjong dan batu, sambil memfinalkan desain penanganan dan metoda kerja dengan konsultan dan kontraktor,” ujarnya. 

Diketahui, debit air Waduk Cipancuh pasca hujan dengan intensitas cukup tinggi pada 7-8 Februari 2021 lalu, mengakibatkan terjadinya pergerakan pasangan bronjong pada kaki tanggul bagian luar serta amblasnya lereng tanggul sedalam 1,5 meter dengan panjang 50 meter. Akibatnya, sebagian warga di sekitar area waduk mengungsi. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.