Dark/Light Mode

Friba Rezayee, Takut Nggak Bisa Ikut Olimpiade

Senin, 23 Agustus 2021 05:13 WIB
Friba Rezayee. (Foto : Ist)
Friba Rezayee. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Friba Rezayee, wanita Afghanistan pertama yang dapat berpartisipasi di Olympic Games, berbagi cerita tentang Taliban yang telah mengambilalih kekuasaan negaranya.

Rezayee pada 2004 membuat sejarah Afghanistan ketika ia bisa berkompetisi dalam cabang judo di Olympic Games di Athena, meski ia tidak menang. “Ayah saya dan salah satu saudara laki-laki saya ber- kata: ‘Jangan khawatir, Anda tidak menang, tetapi Anda membuat sejarah,’” kenangnya pada Sabtu (21/8).

Baca juga : Romelu Lukaku Nggak Sabar Cetak Gol

Gabung Taliban Olympic Games di Athena bukan hanya momen spesial bagi Rezayee, “Ini adalah momen penting bagi wanita di seluruh Afgha- nistan.” Di masa itu, ia merasa memiliki banyak kesempatan dan masa depan lebih cerah, setelah bertahun-tahun Afghansitan di bawah pemerintah Taliban pada 1990-an, yang membuat hak asasi manusia dirampas dari mereka.

Sekarang, Taliban telah kembali berkuasa di Afghanistan, dan Rezayee khawatir bahwa kemajuan yang telah dibuat untuk kehidupan perempuan selama 20 tahun terakhir akan hilang.

Baca juga : Pandemi Covid Ubah Peta Kekuatan Negara Peserta Olimpiade Tokyo 2020

Para pemimpin Taliban baru-baru ini menyatakan komitmen mereka untuk memberikan amnesti kepada semua orang di Afghanistan, termasuk anggota militer, dan penerjemah. [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.