Dark/Light Mode

Paralimpiade Tokyo 2020, Menpora Harap Kontingen Indonesia Torehkan Prestasi

Senin, 23 Agustus 2021 14:20 WIB
Menpora Zainudin Amali saat melepas atlet Paralimpiade Tokyo 2020 secara virtual beberapa waktu lalu. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat melepas atlet Paralimpiade Tokyo 2020 secara virtual beberapa waktu lalu. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Paralimpiade Tokyo 2020 akan dibuka pada Selasa 24 Agustus 2021. Para peserta dari berbagai negara sudah berdatangan ke Tokyo, Jepang. Termasuk Kontigen Indonesia.

Dalam ajang ini, Indonesia  mengirimkan kontingen ke Tokyo dengan mengikutsertakan 23 atlet untuk 7 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu badminton, atletik, renang, tenis meja, menembak, powerlifting, dan balap sepeda.

Baca juga : Atlet Para Atletik Karisma Evi Dinyatakan Lolos Nomor 100 M Putri Kategori T42

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali pun berharap atlet para games Indonesia mampu menorehkan prestasi dalam multi event olahraga tertinggi para games tersebut.

"Saya berharap atlet Paragames kita akan berprestasi di ajang bergengsi multi event olahraga dunia tersebut," ujar Menpora Amali di Jakarta, Senin (23/8).

Baca juga : Matangkan Persiapan, Fadli Fokus Jaga Konsistensi Kecepatan

Menpora Amali menjelaskan, saat ini pihaknya di Kemenpora menempatkan pembinaan atlet paragames dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sama dengan pembinaan atlet pada umumnya.

Dengan demikian, dia memastikan perhatian pemerintah kepada atlet paragames sama dengan atlet lainnya temasuk yang mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 lalu. "Jadi perhatian pemerintah terhadap kontingen Paragames Indonesia pun sama dengan kontingen olmpiade sebelumnya," pungkasnya.

Baca juga : Paralimpiade, Kontingen Indonesia Bebas Covid-19

Menpora mencontohkan, atlet paragames tersebut difasilitasi untuk melakukan pemusatan latihan di Solo, saat mengikuti kualifikasi, juga difasilitasi untuk pemberangkatan dan kepulangannya nanti semua difasilitasi pemerintah.

"Begitupun halnya bila nanti saat mereka dapar berprestasi. Tentu pemerintah akan menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada mereka pada saatnya nanti," jelasnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.